Gibran dan Bobby Menantu Jokowi Tetap 'Anak Emas', PDIP di Ambang Perpecahan?
Instagram
Nasional

Kader akar rumput PDIP, baik di Solo maupun Medan, menolak pencalonan Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution dalam Pilkada 2020. DPP PDIP pun memberikan tanggapannya soal ini.

WowKeren - Niat keluarga Presiden Joko Widodo untuk memasuki dunia politik praktis ternyata tak semudah membalik telapak tangan. Pasalnya diketahui baik Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution sama-sama mendapat penolakan dari kader PDI Perjuangan.

Sebagai pengingat, Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo sempat menyampaikan secara terang-terangan rasa keberatannya atas pencalonan Gibran. Sedangkan PAC PDIP Medan mengaku sudah mengantongi suara mutlak untuk dukungan terhadap calon lain.

Penolakan itu rupanya sudah sampai ke telinga DPP PDIP. Menanggapinya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristyanto pun langsung angkat bicara dan memberi pernyataan tegas.

Hasto mengaku sudah menegur para kader dan pengurus cabang PDIP yang terang-terangan enggan mengusung Gibran maupun Bobby. Menurutnya, pernyataan strategis soal pencalonan di Pilkada 2020 merupakan ranah DPP PDIP.

"Ya, PAC sudah kami tegur," kata Hasto di Jakarta, Rabu (8/1). Karena untuk menyampaikan kebijakan-kebijakan strategis terkait dengan Pilkada itu berada di Dewan Pimpinan Pusat Partai."


Sedangkan tugas pengurus cabang, imbuh Hasto, hanya mendengar aspirasi rakyat dan menyampaikan ke DPP. Ia berharap tugas itu tak dibalik seperti sekarang. Selain itu, ia juga mengimbau agar seluruh kader menanti dan melaksanakan rekomendasi dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Nah, sehingga kami sedang proses pembahasan," jelasnya, dilansir dari CNN Indonesia. "Sehingga semuanya sebaiknya menunggu keputusan dari Ibu Megawati Soekarnoputri."

Reaksi sebaliknya justru disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat. Djarot menilai wajar apabila kader akar rumput menolak pencalonan Gibran dan Bobby.

Kendati demikian, ia meyakini perbedaan pendapat ini tak akan membuat PDIP terpecah. Ia menilai basis massa PDIP akan kembali solid usai DPP memberikan rekomendasi soal nama-nama calon kepala daerah yang akan diusung PDIP.

"Kalau keputusan sudah diputuskan oleh DPP partai, kali ini diambil oleh Ibu Ketum partai, saya yakin solid," tegas Djarot. "PDIP akan tegak lurus sesuai rekomendasi DPP partai."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait