Ada Camilan Hingga Makanan Berat, Cobain Yuk 8 Kuliner Legendaris Di Semarang Ini!
Kuliner

Kota Semarang ini juga terkenal sebagai salah satu tujuan wisata kuliner yang legendaris loh. Ada banyak jenis kuliner yang bisa kalian temukan di Semarang, mulai dari camilan hingga makanan berat.

WowKeren - Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi favorit wisatawan untuk berwisata. Di kota ini terdapat banyak objek wisata yang bersejarah seperti Lawang Sewu, Klenteng Sam Po Kong, atau Pagoda dan Vihara Watugon.

Namun, kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tapi belum merasakan kuliner khasnya. Kalian bisa mengetahui kebiasaan dan budaya suatu daerah dengan mencoba kuliner legendaris daerah tersebut. Untuk menyandang gelar legendaris, cita rasa kuliner ini sudah jelas teruji oleh waktu dan disukai hampir semua orang dari generasi ke generasi.

Nah, kota Semarang ini juga terkenal sebagai salah satu tujuan wisata kuliner yang legendaris loh. Ada banyak jenis kuliner yang bisa kalian temukan di Semarang, mulai dari camilan hingga makanan berat. Seluruhnya hadir dengan konsep, harga, serta cita rasa yang beragam. Penasaran? Yuk simak 8 kuliner legendaris Semarang berikut!

(wk/putr)

1. Wajib Banget Buat Mampir Ke Lumpia Gang Lombok Saat Wisara Di Semarang


Wajib Banget Buat Mampir Ke Lumpia Gang Lombok Saat Wisara Di Semarang

Lumpia memang dikenal menjadi makanan khas Semarang. Kuliner Semarang hasil perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa ini sebenarnya sejenis gorengan yang berisi rebung, telur, daging ayam atau udang. Salah satu destinasi wisata kuliner di Semarang yang terkenal akan kelezatan Lumpia-nya adalah Loenpia Gang Lombok.

Konon, tempat kuliner legendaris Semarang satu ini merupakan salah satu toko lumpia tertua di Semarang, loh. Tak heran jika tempat ini jadi salah satu tujuan kulineran wajib saat berada di Semarang. Sesuai namanya, kuliner satu ini berada di Jalan Gang Lombok Nomor 11, Semarang. Jangan lupa bungkus untuk oleh-oleh ya!

2. Wajib Coba Kue Leker Paimo Yang Beda Dari Leker Biasanya


Wajib Coba Kue Leker Paimo Yang Beda Dari Leker Biasanya

Meskipun leker dikenal sebagai jajan anak sekolah, tapi jangan salah sangka. Leker Paimo ini adalah jajanan legend yang dijamin bikin kalian kenyang. Bagaimana tidak, Leker Paimo ini punya banyak variasi isian, mulai dari yang biasa macam coklat, keju, atau karamel, sampe yang istimewa seperti jagung manis, telur, tuna, kornet, sosis, sampai keju mozarella loh.

Meskipun topping-nya banyak dan kekinian, tapi harganya masih terjangkau banget. Tak heran kalau antreannya luar biasa ramai. Kalian bisa menikmati leker dengan harga mulai dari Rp. 2.000-20.000. Leker Paimo bisa ditemukan di Depan SMA Loyola. Jam bukanya di jam 10.00-18.00 dan tutup di hari Minggu.

3. Babat Gongso Pak Karmin Yang Enggak Boleh Dilewatkan Saat Ke Semarang


Babat Gongso Pak Karmin Yang Enggak Boleh Dilewatkan Saat Ke Semarang

Babat gongso adalah babat yang ditumis menggunakan jeroan lain seperti hati, paru, atau limpa. Seluruh jeroan tersebut diolah dengan bumbu kecap dan cabai rawit, sehingga menciptakan rasa yang sedap dan pedas. Ada cukup banyak penjual babat gongso yang bisa kamu temukan di Semarang. Tapi salah satu yang kelezatan rasanya sudah terkenal adalah Babat Gongso Pak Karmin.

Warung babat gongso ini berada di kawasan Jalan Aloon-Aloon Bar, tepatnya di seberang Gedung BRI. Tak hanya babat gongso, menu lain yang juga menjadi favorit di Warung Pak Karmin adalah nasi goreng babat. Kabarnya, Pak Karmin menggunakan bumbu racikan yang sama dengan racikan babat gongso. Kuliner ini sangat cocok untuk kalian yang suka makanan gurih deh.

4. Nasi Gandul Pak Memet Bakal Bikin Kalian Kalap Dan Nambah Berkali-kali


Nasi Gandul Pak Memet Bakal Bikin Kalian Kalap Dan Nambah Berkali-kali

Jika dilihat, nasi gandul ini sekilas mirip soto Betawi dan soto tangkar khas Jakarta. Namun jangan salah, nasi gandul ini punya ciri khusus yang membedakan keduanya. Nasi gandul biasanya disajikan di atas piring beralas daun pisang dan disantap menggunakan sendok dari daun pisang yang dilipat.

Banyak pembeli bilang jika rasa kuliner satu ini seperti perpaduan rasa antara soto, rawon, dan gulai. Dalam seporsi nasi gandul, kalian akan mendapat nasi putih yang disiram kuah kecokelatan, ditambah potongan lauk seperti daging sapi dan jeroan. Nah salah satu warung nasi gandul legendaris yang menjual makanan ini di Semarang adalah Nasi Gandul Pak Memed yang terletak di Jalan Dr. Cipto 12A, Semarang.

5. Es Puter Conglik Bakal Bikin Hari Kalian Kembali Segar


Es Puter Conglik Bakal Bikin Hari Kalian Kembali Segar

Jika ingin menikmati dessert dingin di Semarang, kalian wajib banget mampir ke Es Puter Conglik. Es puter favorit di kota Semarang ini terdiri dari 2 scoop es, roti tawar, pacar cina, jelly, dan serutan kelapa muda. Buat pecinta durian, kalian juga bisa menambahkan buah durian ke dalam es conglik ini.

Yang membuat tujuan wisata kuliner Semarang ini istimewa adalah tidak digunakannya perasa ataupun pengawet pada es ini sehingga semuanya dari bahan alami. Kalian bisa menikmati semangkuk es puter ini di Waroeng Semawis dan Simpang Lima Semarang (samping hotel Citraland).

6. Mie Kopyok Pak Dhuwur Yang Wajib Banget Kalian Datangi


Mie Kopyok Pak Dhuwur Yang Wajib Banget Kalian Datangi

Wisata kuliner ke Semarang belum lengkap jika belum mencicipi mie kopyok. Ciri khas kuliner khas Semarang yang satu ini terletak pada irisan tetelan daging, lontong, tauge, serta tambahan tahu dan kerupuk gendar.

Kuliner ini diberi nama mie kopyok karena cara pembuatan mie ini adalah dengan cara diaduk dalam air panas atau yang dalam bahasa Jawa disebut "kopyok". Salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang terkenal dengan sajian mie kopyoknya adalah Mi Kopyok Pak Dhuwur yang berlokasi di Jalan Tanjung No.18A, Pandansari, Semarang, Jawa Tengah.

7. Pencinta Kuliner Harus Banget Mampir Ke Tahu gimbal Pak Edi Di Semarang


Pencinta Kuliner Harus Banget Mampir Ke Tahu gimbal Pak Edi Di Semarang

Tahu gimbal ini berisi tahu goreng, kol, lontong, toge, telur, dan gimbal (potongan bakwan udang yang digoreng) yang pasti bikin nagih. Selain itu dengan ditambah siraman bumbu kacang bakal menambah kekayaan cita rasa dari panganan satu ini. Jika kalian tertarik mencicipi tahu gimbal khas Semarang ini, tujuan wisata kuliner di Semarang yang bisa disinggahi adalah jalan Pahlawan.

Di sepanjang jalan ini, kalian bisa menjumpai banyak sekali penjual tahu gimbal. Selain di jalan pahlawan, alternatif lain untuk wisata kuliner Tahu Gimbal di Semarang yang tak kalah populer adalah Tahu Gimbal Pak Eddy yang berada di Jalan Pandanaran II, Shelter Taman KB, Semarang.

8. Kuah Segar Dari Asem Asem Koh Liem Bakal Bikin Nafsu Makan Kalian Bertambah


Kuah Segar Dari Asem Asem Koh Liem Bakal Bikin Nafsu Makan Kalian Bertambah

Sesuai namanya, Rumah Makan Asem-asem Koh Liem ini menyediakan masakan asem-asem sebagai menu utama. Sekilas, asem-asem terlihat seperti soto tetapi rasanya lebih asam dan segar. Di rumah makan ini, asem-asem terbuat dari daging sapi yang dipotong kotak, lalu disiram kuah yang rasanya segar dan asam.

Selain menu utamanya, Rumah Makan Asem-asem Koh Liem juga menyediakan lontong cap go meh, kikil lombok ijo, dan bandeng sarden. Jika tertarik mencoba hidangan ini, kamu bisa langsung datang ke Jalan kawasan Jalan Karang Anyar.

Intip juga yuk beberapa makanan legendaris di Solo dalam artikel berikut. Intip juga yuk berbagai kuliner malam di Bandung dalam artikel ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel