Walhi Kritik Kebijakan Anies Tak Satu Pun Pro Lingkungan
Nasional

Sejak menjabat sebagai Gubernur DKI, Anies telah membuat sekitar 17 kebijakan terkait lingkungan hidup. Namun tak satu pun yang mampu menjawab krisis lingkungan.

WowKeren - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membuat kebijakan yang lebih memihak kepada lingkungan. Bukan tanpa alasan, Walhi menilai bahwa kualitas lingkungan hidup di Jakarta semakin hari semakin menurun.

Sejak menjabat sebagai Gubernur DKI, Anies telah membuat sekitar 17 kebijakan terkait lingkungan hidup. Namun sayangnya, dari semua kebijakan terkait lingkungan hidup tersebut, tak satu pun yang mampu menjawab krisis lingkungan yang terjadi. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Pengkampanye Pemulihan Lingkungan Hidup dan HAM Walhi DKI Jakarta Rehwinda Naibaho.

"Walhi Jakarta mendorong kebijakan yang lebih berpihak kepada lingkungan," kata Rehwinda di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (8/1). "Dan meminta Anies segera melakukan percepatan pemulihan lingkungan hidup."


Lebih jauh, ia meminta agar dalam membuat kebijakan, Pemerintah Provinsi DKI dapat melibatkan masyarakat. Sebab menurutnya, masyarakat lebih tahu duduk permasalahan dan juga apa yang dibutuhkan. Ia kemudian mencontohkan konsep naturalisasi sungai yang dalam praktiknya tidak melibatkan masyarakat.

"Artinya setiap peraturan itu harus melibatkan masyarakat. Misal sungai, sudah punya konsep naturalisasi, tapi praktiknya itu malah masyarakat nggak dilibatkan," lanjut Rehwinda. "Harusnya masyarakat dilibatkan, yang lebih tahu masalahnya, mereka butuh apa, komunitas juga banyak kan di sepanjang sungai."

Tak hanya itu, Pemprov DKI juga dinilai belum bisa memberikan jaminan dalam memberikan tanggapan yang cepat terhadap warga, terutama mereka yang terdampak pencemaran udara. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Direktur Eksekutif Walhi DKI Jakarta Tubagus Soleh Ahmadi.

"Misal respon pemerintah ketika masyarakat mengalami paparan pencemaran gimana," kata Tubagus. "Kemarin waktu kita mengalami paparan udara yang buruk dibiarin begitu aja kan."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru