Dikabarkan 'Comeback', Begini Klarifikasi IndoXXI
Nasional

Sejumlah situs streaming ilegal bermunculan dengan mengatasnamakan IndoXXI. Merasa jengah, pemilik asli situs tersebut pun memberikan klarifikasi melalui websitenya yang sudah ditutup sejak 1 Januari 2020.

WowKeren - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan bakal memberantas para pelanggar Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) pada tahun 2020. Yaitu dengan melakukan pemblokiran terhadap situs web streaming dan situs torrent seperti IndoXXI.

Usai mendapat "ancaman" tersebut, situs streaming film IndoXXI menyampaikan pengumuman langsung yang menyatakan bahwa pada awal tahun 2020 nanti, pihaknya tak lagi menayangkan film di website-nya demi mendukung industri kreatif.

Meski begitu, tak sedikit situs-situs sejenis dengan nama mirip yang bermunculan. Ibarat pepatah "mati satu tumbuh seribu", hal ini membuat orang-orang mengira jika situs streaming ilegal tersebut masih tetap beroperasi namun dengan mungganakan domain yang berbeda.

Merasa kesal karena dituduh demikian, IndoXXI pun akhirnya buka suara. Mereka menegaskan tidak punya situs atau layanan yang terafiliasi dengannya.


"Dikarenakan semakin banyak situs streaming yang mengaku bahwa IndoXXI pindah ke situs lain, maka kami tegaskan sekali lagi bahwa IndoXXI tidak berafiliasi dengan situs apapun," tulis IndoXXI dalam situsnya. Mereka juga menitipkan pesan jika ada yang menemukan situs streaming sejenis atau mengaku-ngaku bagian dari IndoXXI diminta untuk segera melaporkan Kominfo.

"Jika ada situs yang mengaku bahwa itu IndoXXI tolong bantu kami lapor melalui https://trustpositif.kominfo.go.id/ agar bisa ditutup dan tidak merugikan banyak pihak," tegasnya.

Di akhir pengumumannya tersebut, IndoXXI kembali menyatakan permohonan maaf pada semua pihak yang pernah mereka rugikan. "Sekali lagi kami minta maaf atas banyak pihak yang telah dirugikan oleh kami," pungkasnya.

Sebelumnya telah diketahui jika pengumuman tutupnya situs IndoXXI sempat menjadi trending topic pada Selasa (24/12/2019) lalu. Tak hanya itu, penutupan situs ini rupanya juga membuat sedih warganet.

Di lain sisi, Menkominfo Johnny G Plate mendukung pembasmian situs-situs streaming ilegal tersebut. "Jangan sampai kebiasaan bajak dibiarkan," ujarnya. "Kalau IndoXXI, dan lainnya (situ film bajakan lain) jadi legal, siap nggak? Nanti yang punya haknya marah. Film dibajak, yang lain juga."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru