KKB Kembali Teror Papua, Rombongan Bus Karyawan Freeport Ditembak
Nasional

Teror penembakan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali terjadi di Papua pagi ini (13/1). Kali ini kelompok tersebut menyerang rombongan bus karyawan PT Freeport Indonesia.

WowKeren - Rombongan bus karyawan PT Freeport Indonesia ditembak orang tidak dikenal yang diduga kelompok kriminal bersenjata (KKB) hari ini (13/1). Peristiwa tersebut terjadi pukul 08.42 WIT.

Pada saat itu, rombongan bus karyawan Freeport sedang bergerak dari Kota Tembagapura Mile 68 menuju Terminal Gorong-gorong, Kota Timika, Mimika, Papua. Sayangnya ketika berada di Mile 53, rombongan bus tersebut ditembaki dari arah bawah tower.

Dalam peristiwa tersebut ada dua bus yang terkena tiga tembakan di bagian kaca sebelah kiri yaitu bus dengan nomor 140487 dan 140419. Beruntungnya, peristiwa tersebut tak memakan korban jiwa.

Hal ini disampaikan oleh Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan. "Tidak ada korban," katanya.


Pasca-peristiwa itu, Kapolda bersama Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata dan tim langsung bertolak ke lokasi kejadian untuk memeriksa kondisi terkini. "Saya dengan kapolres bersama tim, kita mau naik, cek TKP," kata Paulus.

Sebelumnya, peristiwa penembakan juga terjadi di Nduga, Papua. Penembakan ini memakan korban seorang anggota Brimob dari Polda Maluku Bharatu Luki Darmadi (26) yang mengalami luka tembak di bagian kakinya.

Bharatu sendiri tergabung dalam Satgas Aman Nusa untuk menjaga situasi keamanan di Kabupaten Nduga, Papua. Anggota Brimob tersebut kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Polri di Kramat Jati, Jakarta, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Pelaku penembakan tersebut diduga anggota KKB di bawah pimpinan Egianus Kogoya. Menurut Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, Egianus Kogoya merupakan anak muda yang merampas senjata aparat keamanan. Kelompok ini sendiri dinilai beringas hingga tak segan untuk menjadikan masyarakat sebagai tameng, manakala aparat keamanan melakukan pengejaran kepada yang bersangkutan dan kelompoknya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait