Inikah Bukti 'Joker' Pecundangi 'Avengers: Endgame'?
Film

Kualitas 'Joker' dalam kancah perfilman masih terus mendapatkan apresiasi berlebih. Bahkan film yang dibintangi Joaquin Phoenix itu dinilai lebih unggul dibandingkan 'Endgame'. Seperti apa?

WowKeren - "Avengers: Endgame" boleh saja menjadi film tersukses Marvel Studios dan Disney yang berhasil memecahkan beragam rekor di box offfice. Bahkan seri keempat "The Avengers" ini berhasil menggeser posisi "Avatar" sebagai film terlaris di dunia. Akan tetapi, pencapaian tersebut masih kalah dibandingkan"Joker", yang terbukti sebagai film adaptasi komik paling diakui oleh para sineas.

Terbukti, film arahan Todd Phillips ini berhasil melaju mulus dalam ajang penghargaan Academy Awards alias Oscar yang ke-92. Pihak Academy of Motion Picture Arts and Science (AMPAS) selaku penyelenggara Oscar baru saja mengumumkan daftar nominasi pada Senin (13/1) pagi waktu setempat, dimana "Joker" menjadi nomine terbanyak dengan masuk dalam 11 kategori sekaligus.


"Joker" sendiri merajai sejumlah kategori utama. Sebut saja Best Picture, dimana ia akan bersaing dengan sederet film jempolan lain seperti "Once Upon a Time in Hollywood" hingga "The Irishman". Kemudian kategori Best Director untuk sutradara Todd Phillips, hingga kategori Best Actor untuk akting gemilang Joaquin Phoenix yang digadang-gadang bakal kembali menyabet piala dalam ajang ini, menyusul kemenangannya di Golden Globes Awards serta Critics' Choice Awards di kategori serupa.

Pencapaian "Joker" ini tentunya amat berbanding terbalik dengan "Avengers: Endgame" yang cuma berhasil masuk dalam satu kategori, yakni Best Visual Effect. Padahal, "Avengers: Endgame" sebelumnya telah mendaftarkan sedikitnya 12 kategori untuk masuk dalam nominasi Oscar.

Berdasarkan laman Disney For Your Consideration, situs tersebut memberikan nama untuk beberapa kategori Oscar. Termasuk diantaranya adalah Best Picture, Best Director untuk Anthony dan Joe Russo dan Best Adapted Screenplay untuk penulis Christopher Markus dan Stephen McFeely.

Photo-INFO

Pertimbangan lain juga diajukan untuk Best Cinematography, Best Editing Film, Best Production Design, Best Costume Design, Best Makeup and Hairstyling, Best Sound Mixing, Best Sound Editing, Best Visual Effects dan Best Original Score.

Sementara Warner Bros sendiri diketahui mengincar 16 kategori untuk "Joker", di mana 11 di antaranya berhasil meloloskan film sang Clown Prince of Crime tersebut dalam daftar nominasi. Bahkan, bukan hal yang mustahil apabila "Joker" membawa banyak kemenangan nantinya, mengingat track record film ini yang sudah meraih sejumlah piala di beberapa ajang penghargaan sebelumnya.

Contohnya dalam gelaran Golden Globes pekan lalu, dimana Joaquin Phoenix berhasil memboyong piala Best Actor in a Motion Picture - Drama alias Aktor Terbaik. Bukan cuma itu saja, film "Joker" juga berhasil memboyong kemenangan lain untuk kategori Best Original Score - Motion Picture untuk komposer Hildur Gudnadottir. Berkat dua kemenangan ini, "Joker" pun berhasil mencetak rekor baru di industri film.

"Joker" berhasil memecahkan rekor sebagai film adaptasi komik yang menyabet dua piala dalam ajang Golden Globes. Sebenarnya, sejumlah proyek adaptasi komik lainnya juga pernah meraih piala dalam ajang Golden Globes, termasuk "Black Panther" dari MCU. Namun sejauh ini, hanya "Joker" yang menjadi film adaptasi komik yang berhasil membawa pulang dua piala sekaligus dalam ajang penghargaan bergengsi tersebut.

Terlepas dari hal tersebut, malam puncak ajang Academy Awards atau Oscar ke-92 sendiri rencananya akan digelar pada 10 Februari 2020 mendatang. Acara ini akan disiarkan secara langsung di saluran NBC dan kembali digelar tanpa pemandu acara seperti tahun sebelumnya.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts