Telinga Sering Berdengung Membuatmu Tidak Nyaman? Atasi Saja dengan 7 Cara Mudah Ini
Health

Telinga berdengung bisa sangat mengganggu pendengaran dan membuat kita tidak nyaman. Untuk itu, tim WowKeren telah merangkum beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi telinga berdengung seperti berikut ini.

WowKeren - Salah satu masalah kesehatan yang berkaitan dengan telinga adalah telinga berdengung atau tinnitus. Kondisi yang bisa dialami oleh anak kecil hingga orang dewasa ini bisa dirasakan oleh salah satu telinga atau keduanya sekaligus.

Saat mengalami masalah ini biasanya kita akan merasa tidak nyaman dan terganggu. Sebab kita bisa mendengar bunyi yang berupa berdenging, berdengung hingga siulan atau berdesis.

Oleh karena itulah, mungkin kita akan sibuk mencari obatnya di berbagai toko obat agar bisa sembuh sesegera mungkin. Namun, sebenarnya ada beberapa upaya sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengatasi telinga berdengung. Mau tahu apa saja itu? Langsung saja simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Menghindari Suara Terlalu Keras Bisa Membantu Mengatasi Telinga Berdengung


Menghindari Suara Terlalu Keras Bisa Membantu Mengatasi Telinga Berdengung

Mendengarkan suara yang terlalu keras bisa menyebabkan masalah pada telinga. Tidak hanya membuat telinga berdengung, paparan suara yang sangat keras bahkan bisa membuat gendang telinga rusak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mendengarkan suara yang terlalu keras demi kebaikan telinga kamu.

Sebaiknya biasakan untuk mengatur volume pada saat mendengarkan musik atau menelepon. Jangan terlalu keras atau terlalu lama, apalagi jika kamu menggunakan earphone atau headphone. Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan suara-suara yang menenangkan seperti suara gelombang laut, curah hujan atau aliran sungai.

2. Rutinlah Membersihkan Telinga Jika Ingin Mengatasi Telinga Berdengung


Rutinlah Membersihkan Telinga Jika Ingin Mengatasi Telinga Berdengung

Penumpukan kotoran di telinga bisa menyebabkan telinga berdengung. Sebab kotoran yang menumpuk dapat mengurangi kemampuan untuk mendengar serta menimbulkan suara dengungan. Hal ini terjadi karena udara yang masuk ke dalam telinga menjadi tersumbat dan susah keluar.

Karena itulah rajin membersihkan telinga sangat diperlukan untuk mengatasi telinga yang berdengung. Tapi ingat, jangan terlalu sering karena pada dasarnya telinga mampu memproduksi minyak untuk membersihkan dirinya sendiri. Selain itu, sebaiknya hindari penggunaan cotton bud dalam membersihkan telinga. Sebab cotton bud berisiko menyebabkan terjadinya sumbatan pada telinga, infeksi telinga dan kerusakan telinga.

3. Hindari Penggunaan Obat-Obatan dan Alkohol Untuk Mengatasi Telinga Berdengung


Hindari Penggunaan Obat-Obatan dan Alkohol Untuk Mengatasi Telinga Berdengung

Penelitian membuktikan bahwa beberapa obat misalnya obat pereda nyeri bisa membuat gejala tinnitus semakin bertambah parah. Selain itu, mengkonsumsi alkohol juga bisa memperparah tinnitus. Karena itulah sebaiknya hindari konsumsi obat-obatan secara berlebihan saat sedang mengalami masalah telinga berdengung.

Di antara obat yang berisiko menyebabkan kerusakan pada telinga dan memicu tinnitus adalah antibiotik yakni polymyxin B, eritromisin, vancomisin, dan neomisin, obat kanker yakni mekloretamin dan vincristine, diuretik yang terdiri dari bumetanide, asam ethacrynic, atau furosemide, quinine, antidepresan dan aspirin yang dikonsumsi dalam dosis tinggi.

4. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Sehat Bisa Membantu Menyembuhkan Telinga Berdengung


Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Sehat Bisa Membantu Menyembuhkan Telinga Berdengung

Cara mudah lainnya untuk mengatasi masalah telinga berdengung adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan fungsi pendengaran, sehingga bisa mengurangi gejala tinnitus atau telinga berdengung.

Beberapa asupan yang perlu kamu dapatkan untuk mengatasi telinga berdengung adalah kalium yang bisa didapatkan dari kentang, bayam, tomat, pisang, melon, susu rendah lemak dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3, vitamin D, asam folat, magnesium serta vitamin C dan D.

5. Ingin Mengatasi Masalah Telinga Berdengung? Usahakan Istirahat yang Cukup Ya


Ingin Mengatasi Masalah Telinga Berdengung? Usahakan Istirahat yang Cukup Ya

Di antara faktor yang bisa menyebabkan gejala tinnitus memburuk adalah kelelahan. Sebab saat lelah, suara dengungan yang kita dengar bisa jadi lebih keras. Akibatnya, kita akan kesulitan untuk tidur dengan baik.

Tapi untuk mengatasinya, kita tetap harus melakukan istirahat yang cukup. Agar mendapatkan tidur yang berkualitas, buat suasana kamar tidur jadi gelap dan sejuk. Jika kamar tidur terlalu hening, gunakan kipas angin atau suara yang menenangkan. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mandi air hangat sebelum tidur dan pastikan alas tidur dan bantal yang digunakan bisa memberikan sensasi nyaman.

6. Kelola Stres dengan Menenangkan Diri dan Relaksasi Bisa Membantu Mengatasi Telinga Berdengung


Kelola Stres dengan Menenangkan Diri dan Relaksasi Bisa Membantu Mengatasi Telinga Berdengung

Beberapa orang terkadang merasa cemas dan khawatir saat pertama kali merasakan keluhan ini. Padahal rasa cemas, stres dan khawatir justru akan memperburuk gejala tinnitus karena bisa mengubah reaksi otak ketika mendengar suara bising pada telinga.

Karena itulah sangat dianjurkan untuk melakukan relaksasi secukupnya dan berusaha untuk tetap tenang untuk mengatasi masalah telinga berdengung. Luangkan waktu untuk relaksasi setidaknya selama 15 menit untuk dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi berbagai makanan ini untuk mengurangi stres dan membuat mood balik lagi.

7. Jika Gejala Telinga Berdengung Semakin Memburuk, Segera Konsultasi dengan Dokter


Jika Gejala Telinga Berdengung Semakin Memburuk, Segera Konsultasi dengan Dokter

Jika kamu sudah melakukan berbagai cara di atas namun belum ada tanda-tanda membaik, bahkan gejalanya semakin parah, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter. Mereka akan membantu mencari penyebab masalah pendengaranmu dan memberikan solusi terbaik agar gangguan ini bisa disembuhkan.

Demikian tujuh cara mudah mengatasi telinga berdengung yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi vagina yang gatal dengan berbagai bahan alami yang aman dan murah. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang ampuh sembuhkan diare.

You can share this post!

Related Posts