Enggak Perlu Pergi Ke Salon, Intip 8 Tips Merawat Rambut Sehat Mengkilap Dengan Bahan Sederhana Ini!
Lifestyle

Beberapa cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan memilih produk perawatan rambut yang sesuai. Selain itu menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik yang mendukung kesehatan rambut juga enggak kalah pentingnya.

WowKeren - Rambut yang terlihat indah jika dilihat dari jauh belum tentu tanpa masalah. Karena seiring berjalannya waktu, rambut bisa saja menjadi kering, rontok, atau bercabang. Sinar matahari, iklim, dan polusi diduga berperan terhadap perubahan dan kerusakan rambut.

Selain itu pemakaian blow dry, pelurus atau catokan, pengeriting, dan pewarna rambut juga membuat kesehatan rambut jadi berkurang. Ada beragam cara merawat rambut agar sehat dan berkilau.


Beberapa cara mudah yang bisa dilakukan tanpa harus ke salon, adalah dengan memilih produk perawatan rambut yang sesuai. Selain itu menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik yang mendukung kesehatan rambut dan menutrisi rambut juga enggak kalah pentingnya. Yuk, simak berbagai cara merawat rambut yang sudah tim WowKeren rangkum berikut!

1. Jangan Biasakan Untuk Keramas Setiap Hari


Jangan Biasakan Untuk Keramas Setiap Hari

Keramas tiap hari berisiko membuat kulit kepala gatal, kulit kepala terasa kencang, menjadi kering akibat hilangnya pelembap rambut, hingga muncul ketombe. Keramas setiap hari akan membuat rambut menjadi lebih kering dan kusam mengingat minyak alami dari kulit kepala benar-benar sudah hilang dan tidak melapisi rambut sama sekali.

Pakar kesehatan menyarankan untuk tidak keramas setiap hari jika ingin menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Seandainya kondisi rambut kalian mengharuskan keramas setiap hari, gunakan sampo dengan bahan kimia yang ringan ya.

2. Keramaslah Dengan Air Dingin Dan Bukan Air Hangat


Keramaslah Dengan Air Dingin Dan Bukan Air Hangat

Sebisa mungkin hindari mencuci rambut dengan air hangat yang cenderung panas. Mencuci rambut dengan air hangat atau panas dapat membuat rambut kering karena kehilangan minyak alami yang berfungsi sebagai pelindung rambut.

Pilih air dengan suhu biasa atau air hangat dengan suhu di bawah temperatur suhu tubuh kalian. Selain itu, air dingin mampu membuat peredaran darah menjadi lancar. Selain air dingin mampu menjaga kekuatan akar rambut, air dingin juga bermanfaat menjaga rambut agar tetap berkilau dan lembut loh.

3. Hindari Kebiasaan Menyisir Rambut Saat Masih Basah


Hindari Kebiasaan Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Seringkali orang yang baru saja melakukan keramas akan segera menyisir rambutnya dikala kondisinya masih basah. Padahal, rambut dalam keadaan basah ini sangat rentan terhadap kerusakan. Rambut yang masih basah tiga kali lebih rapuh, mudah patah dan rontok.

Ketika rambut basah, rambut akan membengkak dan keadaan ini sangat rapuh dan memudahkan kerusakan rambut terjadi. Maka sebaiknya kamu menunggu rambut hingga setengah kering atau kering maksimal untuk mulai menyisir dan menatanya. Jangan langsung menyisir rambut dengan sisir bergigi rapat. Gunakan jari-jari atau atau sisir garpu bergigi jarang.

4. Usahakan Juga Memakai Sisir Yang Benar Sesuai keadaan Rambut Ya


Usahakan Juga Memakai Sisir Yang Benar Sesuai keadaan Rambut Ya

Selain cara menyisir rambut yang tepat, hal yang tak kalah penting adalah memilih jenis sisir yang digunakan. Pemilihan sisir yang salah menyebabkan rambut menjadi rusak. Penggunaan sisir yang tepat akan membantu mendorong pertumbuhan rambut dan membantu menstimulasi kulit kepala.

Cara menyisir yang benar adalah dengan menyisir bagian ujung rambut terlebih dahulu baru bagian atasnya. Menyisir dari atas dulu akan membuat rambutmu rontok dan patah karena rambut kusut. Selain itu, sisir yang terbuat dari plastik bisa menghantarkan listrik statis dan membuat rambutmu rusak. Jadi sebaiknya kamu menghindari sisir yang bahannya plastik, ya.

5. Usahakan Memilih Produk Yang Sesuai Dengan Jenis Rambut


Usahakan Memilih Produk Yang Sesuai Dengan Jenis Rambut

Kalian harus tahu jenis rambut seperti apa yang kamu miliki. Entah itu kering atau berminyak, kamu harus menyesuaikannya dengan shampoo dan kondisioner yang akan kamu pakai. Memakai shampoo yang sesuai dengan rambutmu akan membantu memperbaiki kerusakan pada rambut seperti rambut rontok, patah, juga bercabang.

Selain itu, apa yang kalian konsumsi juga berpengaruh terhadap kesehatan dan keindahan rambut. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sarat protein, zat besi, asam lemak omega-3. Kalian juga bisa mengonsumsi suplemen biotin untuk membantu mengurangi atau mencegah kerontokan rambut.

6. Rajin Pakai Masker Rambut Yang Bisa Menutrisi


Rajin Pakai Masker Rambut Yang Bisa Menutrisi

Perawatan alami selalu memberi hasil terbaik untuk rambut. Telur sudah dipakai sejak dulu di Indonesia dan berbagai negara di seluruh dunia. Gunakan putih telur untuk melembabkan rambut. Caranya, campur putih telur secukupnya sesuai panjang rambut, aplikasikan pada helai rambut, bungkus rambut dengan handuk hangat, diamkan 20 menit, bilas dan keramas seperti biasa.

Jika kalian malas menggunakan telur dan enggan dengan aromanya yang amis, kalian bisa memakai cara yang lebih mudah. Campur 1 sdm kondisioner yang biasa dipakai dengan 1 sdt madu. Aplikasikan seperti saat kalian memakai kondisioner. Diamkan 30 menit, bilas sampai bersih. Cara ini akan membuat rambut bersinar dan lembut.

7. Pakai Pelindung Rambut Saat Berenang


Pakai Pelindung Rambut Saat Berenang

Bahan kimia yang ada di dalam air kolam renang dapat merusak rambut, apalagi jika kalian hobi berenang. Karena itu, basahi dulu rambut dengan air bersih/shower, pakai kondisioner, jika perlu tutup dengan topi renang, baru masuk ke kolam renang. Kondisioner akan melindungi rambut dari terpaan bahan kimia selama berenang.

8. Jangan Lupa Untuk Jaga Kesehatan Kulit Kepala Juga Ya


Jangan Lupa Untuk Jaga Kesehatan Kulit Kepala Juga Ya

Cara merawat rambut agar sehat, indah dan berkilau dapat dimulai dengan tidak melupakan kesehatan kulit kepala. Menurut ahli perawatan rambut dan kulit kepala, folikel rambut dipengaruhi oleh kesehatan dan pasokan darah dari jaringan kulit di sekitarnya. Jadi, bisa dibilang jika kulit kepala adalah kunci rambut sehat.

Beberapa ahli menyarankan untuk memilih produk perawatan rambut yang mengandung fatty alcohol atau bertuliskan myristyl, cetyl, dan stearyl. Memijat kulit kepala mampu meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel rambut untuk memproduksi rambut yang lebih tebal dan berkilau. Selain itu, oleskan minyak zaitun atau vitamin E di kulit kepala. Jangan lupa untuk melindungi kulit kepala serta rambut dari sengatan sinar ultraviolet yang berbahaya dengan menggunakan topi.

Intip juga yuk tips menghitamkan rambut dengan bahan alami di sini. Intip juga 8 bahan almi yang ampuh banget untuk melembutkan rambut di sini.

You can share this post!

Related Posts