Ikut Bangga 'Parasite' Masuk Nominasi Oscar, Reza Rahadian: Film Indonesia Juga Punya Potensi
Instagram/officialpilarez
Film

Reza Rahadian ikut mengomentari keberhasilan film korea 'Parasite' yang masuk 6 nominasi di ajang penghargaan Oscar. Film 'Marlina' dan 'Kucumbu Tubuh Indahku' ikut disebutkan Reza.

WowKeren - Ajang penghargaan film bergengsi Academy Awards atau yang lebih dikenal sebagai Oscar telah mengumumkan nominasinya pada Senin (13/1) waktu Amerika. Film asal Korea Selatan "Parasite" berhasil mengejutkan karena masuk dalam 6 nominasi.

Aktor kondang Reza Rahadian mengaku ikut bangga menanggapi prestasi dari Negeri Gingseng tersebut. Reza sendiri telah menonton film garapan Bong Joon Ho itu. Menurut Reza, prestasi "Parasite" ini membuat film Asia akan semakin dihargai.

"Gue ikut merasa bangga, karena ada representatif baru, setelah Ang Lee tentunya," ujar Reza dilansir Kumparan. "Buat gue gila sih. Gue udah nonton sih filmnya dan menurut gue memang mind-blowing."

Lebih lanjut, Reza menilai bahwa film Indonesia sebenarnya punya potensi untuk berjaya seperti "Parasite". Namun, film-film Indonesia harus mendapat dukungan dari pemerintah agar bisa dipublikasikan dengan baik.


"Ya (pemerintah) harus ikut memikirkan buat publisitas dan harus bangun network," beber pemain film "Habibie & Ainun 3" tersebut. "Enggak bisa kayak cuma ada film, itupun kalau filmnya bagus, kalau filmnya enggak dan lo bikin publisitas apapun, ya tetap enggak."

"Jadi, filmnya harus punya rekam jejak di festival-festival lain yang memang udah enggak diragukan lagi, gitu," sambung Reza. "Ya, sebenarnya 'Kucumbu Tubuh Indahku' itu punya chance besar, tapi ya gimana ya, susah juga. Karena, duitnya juga susah."

Sebagai contoh, Reza mengutarakan tentang film "Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak" yang sempat mengikuti audisi untuk kategori "Best International Feature Film" Oscar. Butuh biaya yang tak sedikit untuk mempromosikan film tersebut.

"Waktu itu, kita sudah keluar budget kalau enggak salah hampir Rp2 atau Rp2,5 miliar, dan itu pun mereka bilang cuma dapat satu kali screening, dua kali interview media, dapat iklan di majalah cuma di satu spot, di Variety kalau enggak salah," pungkas Reza. "Jadi, bayangin, budget segitu aja, lo cuma dapat exposure segitu. Jadi, publisitasnya memang mahal banget memang."

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru