Lempar 'Kode' ke Sandiaga Uno Soal Capres 2024, Jokowi: Saya Diberi Umpan
Nasional
Sandiaga Uno Kandidat Presiden

Kala menyapa Sandiaga Uno di acara Pelantikan Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) pada Rabu (15/1), Presiden Joko Widodo sempat melempar kode 'Hati-Hati 2024'.

WowKeren - Presiden Joko Widodo sempat membuat heboh karena memberi kode Pilpres 2024 kepada Sandiaga Uno. Kala menyapa Sandiaga di acara Pelantikan Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jokowi sempat menyebut "Hati-Hati 2024".

Kini Jokowi mengaku memiliki alasan melemparkan kode kepada Sandiaga. Pasalnya, Jokowi mengaku telah diberi "umpan" oleh Ketua Dewan Pembina HIPMI sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia.


"Ya karena diberi umpan oleh Kepala BKPM, itu saja," ungkap Jokowi di Istana Merdeka pada Jumat (17/1) hari ini. "Ya kan ada ceritanya, tahu kan (saya) diberi umpan oleh Kepala BKPM, kemudian saya teruskan."

Lebih lanjut, Jokowi menepis spekulasi bahwa pernyataannya itu memiliki arti pemberian dukungan kepada Sandiaga di Pilpres 2024. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengaku bahwa dukungan sejatinya diberikan kepada semua pihak.

"Lho semua kita dukung, tapi kan (Pilpres 2024) masih lama," ujat Jokowi. "Pilpres (2019) saja baru rampung."

Sementara itu, kode Jokowi ini menimbulkan banyak spekulasi politik. Pengamat politik Rico Marbun menilai pernyataan Jokowi tersebut sebagai sebuah taktik.

Menurut Rico, dengan pernyataan Jokowi itu, maka perhatian masyarakat akan terarah kepada Sandiaga. Padahal saat ini, dalam urusan Calon Presiden 2024, publik masih lebih memerhatikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kalau kita melihat seperti Anies, ini kan dikritik oleh banyak pihak," ujar Rico. "Ketika bola itu dilempar ke Sandiaga, berarti kan yang ada di spot perhatian publik itu kan Sandiaga Uno."

Sementara itu, Sandiaga yang dilempari kode oleh Jokowi justru mengaku tak memusingkan hal tersebut, bahkan menganggapnya sebagai guyonan semata. "Ya mungkin Pak Presiden guyon ya tadi. Atau mungkin Pak Presiden ingin membesarkan hati saya. Pak Presiden orangnya baik," kata Sandiaga, seperti dilansir dari laman Tribun Wiki, Jumat (17/1).

Ketimbang memusingkan Pilpres 2024 ataupun kode khusus dari Jokowi itu, Sandiaga mengaku lebih ingin fokus ke urusan perekonomian. Pasalnya saat ini ia merasa Indonesia lebih membutuhkan perannya di bidang itu.

You can share this post!

Related Posts