Menkumham Yasonna 'Bentuk' Tim Hukum PDIP Lawan KPK, Ini Kata Jokowi
Nasional
OTT KPK Komisioner KPU

Presiden Jokowi buka suara soal pembentukan tim hukum PDIP yang melaporkan KPK kepada Dewan Pengawas. Dalam tim tersebut diketahui ada nama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

WowKeren - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly membentuk tim hukum untuk melaporkan KPK ke Dewan Pengawas. Dipimpin oleh anggota Komisi III DPR dari fraksi PDIP I Wayan Sudirta, tim ini juga terdapat Yanuar Prawira Wasesa sebagai Wakil Koordinator, Teguh Samudera sebagai koordinator tim lawyer.

Pembentukan tim tersebut rupanya tak dipermasalahkan oleh Presiden Joko Widodo. Pasalnya, Yasonna memang pengurus partai berlogo kepala banteng tersebut dan tercatat sebagai Ketua Bidang Hukum HAM dan Perundang-Undangan di struktur Dewan Pimpinan Pusat partai berlambang banteng.


"Pak Yasonna juga pengurus partai," kata Jokowi di Istana Kepresiden, Jakarta, Jumat (17/1). Meski begitu, Jokowi enggan berkomentar lebih banyak soal keterlibatan Yasonna dalam tim hukum tersebut. "Tanyakan ke Pak Yasonna Laoly," katanya.

Pembentukan ini diketahui untuk menyikapi polemik pergantian anggota DPR yang berujung pada penetapan tersangka kadernya, Harun Masiku, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "DPP PDI-P melihat dinamika dan berbagai perkembangan terakhir maka memutuskan untuk membentuk tim hukum," ujar Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta, Rabu (15/1).

Sebelumnya, nama Menkumham Yasonna juga disebut-sebut sebagai "pelindung" tersangka kasus dugaan suap yang melibatkan eks komisioner KPU Wahyu Setiawan, Harun Masiku. Ia bahkan menggelar jumpa pers PDIP mengklarifikasi kabar tersebut tidaklah bernar.

“Tidak ada (intervensi) dong. Mana ada saya intervensi," kata Yasonna di sela-sela Rapat Kerja Evaluasi Kinerja dan Anggaran Program AHU Kemenkumham di Royal Ambarukmo, Jumat (17/1). "Apa yang bisa saya intervensi. Saya tidak punya kewenangan, kecuali saya komisioner KPK boleh lah. Saya kan bukan."

You can share this post!

Related Posts