Birthday Spotlight: Happy Jennie Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Birthday spotlight pekan ini mengulas tentang salah satu member BLACKPINK, Jennie yang berulang tahun pada 16 Januari lalu. Penyanyi cantik itu berusia 24 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas salah satu member BLACKPINK (Black Pink), Jennie yang berulang tahun pada 16 Januari kemarin. Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir penyanyi cantik dengan nama asli Jennie Kim ini.

Jennie Kim atau yang lebih dikenal dengan nama panggilan Jennie, adalah penyanyi dan rapper Korea Selatan. Dia memulai debutnya sebagai anggota gril grup BLACKPINK pada Agustus 2016 di bawah naungan YG Entertainment.


Jennie Kim lahir di Daerah Ibu Kota Seoul, Korea Selatan pada 16 Januari 1996, dan merupakan anak tunggal keluarganya. Ketika Jennie berusia delapan tahun, dia melakukan perjalanan dengan keluarganya ke Australia dan Selandia Baru sebelum akhirnya pindah ke Korea Selatan untuk menjalani pelatihan. Bagaimanakah perjalanan karir sosok yang satu ini? Yuk intip ulasan yang telah tim WowKeren rangkum berikut!

1. Pre Debut


Pre Debut

Jennie menghabiskan masa kecilnya di Selandia Baru. Pada tahun 2006, Jennie muncul dalam film dokumenter khusus MBC "English, Must Change to Survive" dan berbicara tentang pengalamannya dalam mempelajari bahasa baru.

Setelah lulus sekolah menengah ia pindah ke ACG Parnell College. Selama sekolah, ia telah mendengar banyak tentang K-pop saat tinggal di Selandia Baru dan berhasil menemukan minat khusus dalam musik YG Entertainment. Ibunya berencana untuk memindahkannya ke Florida, Amerika Serikat pada usia 14 tahun sehingga dia bisa menjadi pengacara atau guru, tetapi Jennie memanggil ibunya menangis di telepon, menentang keinginannya.

Jennie berpikir dia mungkin tidak dapat menemukan pekerjaan yang dia sukai tinggal sendirian di Florida, keluarganya sepenuhnya mendukung keputusannya dan dia pindah kembali ke Korea Selatan.

Jennie kemudian berpartisipasi dalam audisi yang diadakan oleh YG Entertainment pada tahun yang sama dan menampilkan "Take A Bow" milik Rihanna. Dia kemudian berhasil bergabung dengan label sebagai peserta pelatihan. Menariknya, penyanyi kelahiran 1996 itu awalnya mengikuti audisi sebagai vokalis, tetapi agensi mengira dia harus menjadi rapper karena dia adalah satu-satunya peserta pelatihan yang mampu berbicara bahasa Inggris, dan sebagian besar lagu yang dia liput termasuk rap.

2. Debut


Debut

Pada 10 April 2012, foto Jennie diunggah melalui blog resmi YG Entertainment. Namanya tidak terungkap pada saat itu dan dikabarkan berpotensi menjadi member girl grup YG Entertainment yang akan datang. Fotonya mendapat banyak perhatian dari netizen karena pesona misteriusnya dan keindahan eksotis yang unik.

Jennie langsung menjadi topik yang paling dicari di banyak situs portal dengan nama "gadis misterius". Pada 30 Agustus 2012 YG Entertainment memposting video YouTube melalui blog mereka yang berjudul "YG Trainee - Jennie Kim". Dia mendapatkan perhatian karena melakukan rap bahasa Inggris yang cepat, yang memamerkan keterampilan rap yang kuat dengan gaya namun kuat, yang bertentangan dengan citra kekanak-kanakannya.

Pada tanggal 1 September, Jennie membuat penampilan publik pertamanya sebagai model utama dalam MV G-Dragon "That XX". Perwakilan agensi kemudian menyatakan bahwa Jennie difinalisasi sebagai anggota girl grup baru YG bersama dengan Jisoo dan kekuatannya terletak pada rap sambil juga pandai bernyanyi dan menari.

Pada tanggal 1 Juni 2016, Jennie menjadi anggota pertama yang terungkap untuk girl grup baru YG. Pada 8 Agustus 2016, Jennie memulai debutnya di girl grup BLACKPINK dengan merilis album single mereka "Square One". Jennie adalah rapper dan vokalis utama grup (tergantung pada lagu dia akan menjadi sub-vokalis atau vokalis utama dengan Jisoo). Menurut Jisoo, dia juga bertanggung jawab untuk organisasi umum dan pengambilan keputusan kelompok.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Jennie diketahui sebagai salah satu member BLACKPINK yang paling populer. Namun, puncak karir Jennie terjadi ketika dirinya menjadi member BLACKPINK pertama yang sukses debut sebagai penyanyi solo dengan single bertajuk "SOLO" pada Oktober 2018 lalu.

Lagu Jennie "SOLO" berhasil mendominasi tangga lagu harian dan mingguan Korea, dan mencapai "All-Kill" setelah mencapai nomor satu di tangga lagu real-time situs musik utama selama 15 hari berturut-turut. "SOLO" memulai debutnya di posisi pertama chart Gaon dan memenangkan tiga mahkota untuk menduduki puncak tangga lagu Digital, Unduh, dan Streaming.

Lagu tersebut tetap berada di Digital dan Mobile Charts selama dua minggu berturut-turut, dan di Streaming Chart selama tiga minggu berturut-turut. Di luar negeri, ia menduduki puncak tangga lagu Digital World Billboard dan juga mencapai peringkat teratas iTunes di 40 negara dalam 24 jam, menunjukkan popularitas global yang kuat.

"SOLO" juga menjadi video musik yang paling banyak dilihat oleh artis solo wanita Korea sepanjang masa dalam 24 jam pertama rilis. Pada April 2019, Jennie menjadi artis solo Korea pertama yang tampil di Coachella. Penampilannya terdaftar di bawah "The 10 Best Things We Saw at Coachella 2019", dengan Billboard menyebut penampilannya sebagai hal "menakjubkan" untuk penggemar dan para penonton yang lain.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Jennie menjadi member BLACKPINK pertama yang debut menjadi penyanyi solo pada pertengahan Oktober 2018. Jennie menjelaskan bagaimana "SOLO" menjadi lagu untuk debutnya di konferensi pers pada 12 November. Ia mengatakan bahwa "SOLO" digambarkan sebagai trek hip-hop dengan elemen pop dan dirancang untuk menunjukkan keberadaan bersama karakter eksternal dan internal Jennie yang halus dan mandiri.

Jennie juga terpilih sebagai model baru untuk Chanel Korea Beauty dan melakukan pemotretan pertamanya untuk merek tersebut dengan Harper's Bazaar Korea sebagai muse baru mereka pada Januari 2018. Jennie juga menjadi Ambassador of Chanel Korea pada bulan Juni.

Seorang juru bicara dari Chanel Korea menjelaskan bahwa kesetiaan Jennie terhadap merek serta gayanya yang trendi sejalan dengan citra Chanel, ketika mereka berusaha untuk menargetkan generasi muda dan trendi selain konsumen saat ini. Jennie menghadiri peluncuran parfum baru Chanel "Les Eaux De Chanel" di Deauville, Prancis, pada bulan yang sama.

Pada Oktober, ia menjadi Global Ambassador untuk rumah mode Prancis bersama dengan rekan satu agensinya G-Dragon. Dia menghadiri peragaan busana Chanel pertamanya sebagai perwakilan Korea selama Paris Fashion Week dan duduk di barisan depan di samping Pharrell Williams dan Pamela Anderson.

Hera, merek kecantikan mewah Korea Selatan yang dimiliki Amore Pacific, mengumumkan pada Januari 2019 bahwa mereka telah memilih Jennie sebagai model baru mereka karena citra "elegan dan mewah". Dia akan mewakili merek bersama aktris Jun Ji Hyun, karena perusahaan bertujuan untuk memperluas target pemirsa melalui kedua model. Iklan pertama Jennie untuk merek tersebut adalah pada bulan Februari untuk seri kosmetik bibi "Red Vibe". Tercatat penjualan kosmetik itu lima kali lebih tinggi dari produk bibir Hera sebelumnya dan karena semakin populernya mereka disebut sebagai "lipstik Jennie".

5. Kontroversi


Kontroversi

Meksi menjadi member terfavorit di BLACKPINK, namun Jennie tak luput dari beberapa kontroversi. Salah satu hal yang sering diserukan oleh haters adalah perlakuan yang tak adil agensi untuk Jennie dan member BLACKPINK lain.

Jennie juga sempat menuai kritikan dari netter dalam video perbandingan dancenya saat baru debut tahun 2016 silam dan tahun 2018. Melihat video perbandingan itu, netter menilai Jennie menjadi semakin malas menari saat tampil di panggung. Jennie juga menuai kritikan terkait kemampuan vokal dan tari idol besutan YG Entertainment itu dan menceramahinya agar berlatih lebih rajin.

Namun hal itu seakan dibantah oleh Jennie yang member BLACKPINK lain ketika mereka mengungkapkan perjuangan Jennie untuk menjadi idol. Para member BLACKPINK juga mengungkapkan dukungan mereka untuk Jennie dari serangan haters.

Selain itu, Jennie juga sempat terlibat skandal kencan dengan salah satu member EXO, Kai. Pada 1 Januari 2019 lalu, Dispatch membuat geger fans K-Pop dengan merilis foto kencan Kai dan Jennie. Tak butuh waktu lama, SM dan YG Entertainment pun mengkonfirmasi jika kedua idol itu memang tengah berpacaran.

Jennie dan Kai dikabarkan sudah pacaran sejak Oktober 2018 lalu. Keduanya bahkan disebut menghabiskan kencan romantis di Menara Eiffel yang dipamerkan lewat akun Instagram masing-masing di hari yang sama.

Namun sayangnya hubungan itu tak berlangsung lama. Pada 25 Januari 2019, SBS FunE melaporkan secara eksklusif bahwa Kai dan Jennie memutuskan berpisah dengan alasan ingin fokus pada pekerjaan masing-masing. SM Entertainment langsung menanggapi kabar dengan mengatakan akan mengecek kebenaran dengan Kai.

Tak lama kemudian, agensi mengkonfirmasi bahwa Kai dan Jennie mengakhiri hubungan mereka. "Memang benar Kai dan Jennie sudah putus," ujar perwakilan SM Entertainment. Namun mereka menolak memberi keterangan lebih detail tentang alasan dan kapan mereka putus.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Jennie bersama BLACKPINK terakhir kali comeback pada April lalu lewat mini album bertajuk "Kill This Love" yang memuat title track berjudul sama. Di saat yang sama, girl grup beranggotakan 4 orang tersebut juga disibukkan dengan tur konser "IN YOUR AREA" yang singgah di berbagai negara di seluruh dunia.

BLACKPINK dijadwalkan akan menggelar konser "IN YOUR AREA" terakhirnya di Jepang pada 22 Februari mendatang di Fukuoka Dome. Ini merupakan rangkaian terakhir dari tur konser "Dome" mereka setelah sebelumnya menggelar konser di Tokyo Dome dan Kyocera Dome.

BLACKPINK juga dilaporkan akan segera comeback tahun 2020 ini. Salah satu outlet media Korea News1 melaporkan kalau Jennie dan kawan-kawan telah menjalani proses rekaman lagu-lagu baru. Menanggapi berita tersebut, perwakilan YG Entertainment memberikan pernyataan.

"Tanggal pastinya masih belum diputuskan, tapi kami menargetkan untuk comeback di awal tahun depan. Para member BLACKPINK saat ini sedang rekaman beberapa lagu baru untuk album baru mereka," ungkap perwakilan YG.

You can share this post!

Related Posts