Enggak Hanya Mewah, 8 Hotel Ini Juga Jadi Saksi Bisu Sejarah Indonesia Loh!
Travel

Pariwisata Indonesia saat ini memang sudah berkembang pesat. Nyatanya, banyak tempat wisata yang menyimpan nilai sejarah Indonesia. Sebagian bahkan menjadi saksi bisu berdirinya Indonesia hingga kini.

WowKeren - Pariwisata Indonesia saat ini memang sudah berkembang pesat. Namun perkembangan itu tentu tak bisa dipisahkan dengan perjalanan sejarah Indonesia sendiri. Nyatanya, banyak tempat wisata yang menyimpan nilai sejarah Indonesia. Sebagian bahkan menjadi saksi bisu berdirinya Indonesia hingga kini.

Tak hanya tempat wisata saja, beberapa hotel yang berdiri hingga kini juga turut menjadi salah satu saksi perjalanan sejarah Indonesia. Mulai dari tahun berdirinya, siapa penggagasnya, apa latar belakang pendirian hotel, hingga perjuangan yang terjadi telah menjadi bagian bagi hotel tersebut menjadi salah satu daya tarik hotel ini.


Mana saja hotel bersejarah di Indonesia yang bisa jadi tempat menginap kalian saat berwisata? Berikut tim WowKeren rangkum 8 hotel bersejarah di Indonesia. Beberapa hotel ini bahkan berdiri sebelum Indonesia merdeka loh. Penasaran? Yuk disimak!

1. Bermalam Di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta Yang Mewah Dan Bersejarah


Bermalam Di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta Yang Mewah Dan Bersejarah

Selain bersejarah, hotel ini juga mewah loh. Di sini kalian bisa melihat keramaian ibu kota dari atas ketinggian, terutama di kawasan Bundaran HI. Hotel Indonesia Kempinski merupakan hotel bintang lima pertama yang ada di Jakarta, diresmikan pada 5 Agustus 1962.

Hotel ini didirikan dalam rangka menyambut perhelatan Asian Games 1962 saat Jakarta menjadi tuan rumah. Ciri khas utama bangunan ini tetap terlihat hingga kini meski sempat mengalami pemugaran dan terjadi pergantian pengelola. Sebagai hotel kelas atas, Hotel Indonesia Kempinski memberikan banyak fasilitas dan kemewahan. Kalian disuguhi interior cantik perpaduan antara gaya vintage dengan modern.

2. Hotel Ambarrukmo Palace Yogyakarta Juga Punya Catatan Sejarah Menakjubkan


Hotel Ambarrukmo Palace Yogyakarta Juga Punya Catatan Sejarah Menakjubkan

Yogyakarta dikenal sebagai kota budaya, enggak heran jika di sini terdapat tempat yang bersejarah termasuk hotel. Hotel Ambarrukmo Palace adalah salah satu hotel bersejarah yang ternyata sudah ada sejak zaman kekuasaan Sultan Hamengku Buwono V. Hotel Ambarrukmo bahkan sempat menjadi kediaman Sultan Jogja setelah wafatnya Sultan Hamengku Buwono VII.

Lalu pada tahun 1966, Ir. Soekarno meresmikan Hotel Ambarukmo sebagai hotel bintang empat pertama di Jogja. Areal pendopo hingga kini masih dipertahankan sebagai cagar budaya. Kalian bahkan bisa melihat beberapa karya seni legendaris seperti mural ukiran batu karya Harijadi yang sudah berusia lebih dari 30 tahun.

3. Hotel Majapahit Yang Jadi Saksi Bisu Perjuangan Arek-arek Suroboyo Melawan Penjajah


Hotel Majapahit Yang Jadi Saksi Bisu Perjuangan Arek-arek Suroboyo Melawan Penjajah

Dikenal sebagai kota pahlawan, Surabaya tentu menjadi gudangnya catatan sejarah kemerdekaan Indonesia. Surabaya juga menyisakan hotel bersejarah yang sarat akan nilai perjuangan salah satunya Hotel Majapahit. Awal mula nama Hotel Majapahit adalah Hotel Oranje yang dibangun pada tahun 1916 lalu pada era penjajahan Jepang berganti nama menjadi Hotel Yamato.

Nah di hotel inilah terjadi insiden heroik yakni penyobekan bendera Belanda menjadi bendera Merah Putih. Peristiwa tersebut diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pahlawan Nasional. Di samping sejarahnya yang legendaris, hotel ini juga dikenal sangat mewah. Ada taman terbuka luas yang sejuk di bagian tengah hotel lho. Dekorasi kamarnya juga didesain sedemikian rupa seperti zaman kolonial Belanda.

4. Hotel Bidakara Grand Savoy Homann Bandung Punya Sejarah Yang Menarik Loh


Hotel Bidakara Grand Savoy Homann Bandung Punya Sejarah Yang Menarik Loh

Hotel ini adalah salah satu hotel yang menjadi saksi sejarah di Bandung. Bangunan yang sekarang menghadap ke Jalan Asia Afrika dibangun tahun 1937 dengan gaya art deco oleh arsitek A. F. Albers asal Belanda. Di hotel ini terdapat 3 kamar spesial dengan kamar-kamar berjenis presidential suite itu disebut sebagai tipe Homann Suite.

Yang membuat hotel ini spesial adalah ternyata tiga kamar itu pernah ditempati tokoh-tokoh bersejarah Konferensi Asia Afrika 1955. Di lantai 1, Homann Suite diberi nama kamar Jawaharlal Nehru, mantan Perdana Menteri India. Homann Suite di lantai 2 adalah kamar Soekarno. Sedangkan di kamar lantai tiga diberi nama Cho En Lai, sesuai nama mantan Perdana Menteri Tiongkok. Menarik kan?

5. Hotel Prama Grand Preanger Bandung Yang Sudah Berdiri Bahkan Sebelum Indonesia Merdeka


Hotel Prama Grand Preanger Bandung Yang Sudah Berdiri Bahkan Sebelum Indonesia Merdeka

Masih dari kota kembang, Bandung memang memiliki banyak obyek wisata bersejarah. Salah satunya Prama Grand Preanger yang dulunya bernama Hotel Grand Preanger. Meski sudah ada sejak tahun 1897, hotel ini tetap terlihat mewah hingga sekarang dan bahkan merupakan salah satu hotel bintang lima terkenal di Bandung loh.

Meski sering mengalami pergantian kepemilikan, namun pesona hotel ini seakan tak lekang ditelan zaman. Dengan gaya bangunan Indische Empire, hotel ini jadi salah satu spot vintage favorit di Kota Bandung. Bahkan, pihak hotel juga menawarkan tur keliling Kota Bandung dengan mengendarai mobil Chevrolet Impala keluaran tahun 1962. Tertarik mencoba?

6. Hotel Salak The Heritage Bogor Yang Jadi Markas Masyarakat Dari Penjajah


Hotel Salak The Heritage Bogor Yang Jadi Markas Masyarakat Dari Penjajah

Hotel ini berdiri tahun 1856 dan bernama Binnehof Hotel. Sempat mengalami beberapa kali pergantian nama hingga akhirnya tahun 1998 hingga kini bernama Hotel Salak The Heritage. Nama "salak" sendiri diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti "perak" loh.

Saat pendudukan Jepang, Hotel Salak sempat menjadi markas tentara Jepang. Hotel ini menjadi saksi bisu berbagai peristiwa penting negeri ini, bahkan internasional. Menjadi tempat persiapan Konferensi Asia Afrika (KAA) I di Bandung dan KTT APEC tahun 1994 adalah diantaranya. Di dalam hotel ini kamu bisa menikmati banyak fasilitas, seperti makan di lima restorannya.

7. Pulau Dewata Juga Punya Hotek Bersejarah Yakni Inna Heritage Hotel Bali


Pulau Dewata Juga Punya Hotek Bersejarah Yakni Inna Heritage Hotel Bali

Meski termasuk hotel tua yang dibangun pada 1927, namun begitu memasuki lobi hotelnya yang lapang bisa-bisa kamu langsung jatuh cinta pada hotel ini. Apalagi jika kamu melihat bagaimana indahnya area kolam renang khas gaya Bali dengan pepohonan palem yang ada di Hotel Inna Heritage Bali.

Hotel ini pun memiliki taman yang sangat luas, hingga bisa menyelenggarakan pesta di taman tersebut. Sisi sejarahnya bukan hanya karena telah lama berdiri, tapi ada satu kamar di hotel ini yang pernah diinapi oleh tokoh-tokoh besar, seperti Mahatma Gandhi, Jawaharlal Nehru, komedian Charlie Caplin, Ratu Elizabeth, Soekarno, Megawati Soekarno Putri, hingga Joko Widodo.

8. The Hermitage Hotel Jakarta Yang Dulunya Gedung Telekomunikasi Hindia Belanda


The Hermitage Hotel Jakarta Yang Dulunya Gedung Telekomunikasi Hindia Belanda

Bangunan The Hermitage Hotel pada mulanya merupakan gedung pusat telekomunikasi Hindia Belanda. Hingga pada akhirnya setelah kemerdekaan bangunan ini berhasil direbut oleh pemerintah Indonesia. Bangunan ini sempat beberapa kali difungsikan sebagai kantor pemerintahan, institusi pendidikan.

Pada tahun 2014 menjadi hotel dibawah Grace Leo Associates Paris dan diberi nama The Hermitage. Warna putih menjadi warna dominan yang ada di hotel ini. Interior dan furnitur di dalamnya pun menggunakan tema klasik yang menarik. Untuk para penggemar spot-spot vintage, menginap di hotel ini sepertinya menjadi agenda wajib yang harus kalian coba.

Intip juga beberapa rekomendasi hotel dengan konsep yang unik di sini. Selain itu, jangan sampai enggak dapat hotel idaman ya, coba simak beberapa kesalahan dalam booking hotel di artikel ini.

You can share this post!

Related Posts