Terungkap Sunda Empire Pernah 'Pecat' Raja Keraton Agung Sejagat, Kenapa?
Nasional
Fenomena Kerajaan Fiktif

Fakta mengenai berbagai kerajaan-kerajaan fiktif di Indonesia terus bermunculan. Salah satunya adalah Sunda Empire yang pernah memecat Raja Keraton Agung Sejagat. Kenapa?

WowKeren - Masyarakat Indonesia belakangan ini terus digemparkan dengan kemunculan kerajaan-kerajaan fiktif di sejumlah wilayah. Belum selesai kehebohan atas munculnya Keraton Agung Sejagat di Puworejo, warga kembali dikejutkan dengan adanya Sunda Empire yang merupakan Kerajaan Matahari.

Berbagai fakta-fakta terus bermunculan seiiring dengan munculnya berbagai kerajaan-kerajaan fiktif. Salah satunya fakta yang baru ini terkuak adalah keterlibatan Raja Keraton Agung Sejagat, Toto Santoso dengan Sunda Empire.


Ternyata, sebelum memimpin Keraton Agung Sejagat, Toto pernah bergabung dalam Sunda Empire. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh salah satu petinggi Sunda Empire Ki Ageng Rangga Sasana.

Tidak diketahui apa peran Toto di Sunda Empire, namun Raja Keraton Agung Sejagat tersebut rupanya telah dikeluarkan oleh Sunda Empire sejak lama. Meski begitu, tidak diketahui apa yang menyebabkan Toto dikeluarkan dari Sunda Empire.

"Iya, Toto (Toto Santoso) pernah di Sunda Empire," ucap Petinggi Sunda Empire Ki Ageng Rangga Sasana, di Yogyakarta pada Minggu (19/1). "Sudah keluar, (Toto Santoso) sudah dikeluarkan lama."

Menurut Ki Ageng Rangga, Toto merupakan senior yang lebih dahulu bergabung dengan Sunda Empire. Ia juga menjelaskan jika sang raja telah dikeluarkan sebelum dirinya bergabung dua tahun yang lalu sehingga ia sama sekali belum pernah berjumpa Toto secara langsung.

"Saya sendiri sebagai salah satu petinggi di Sunda Empire tidak pernah tahu wajah Toto seperti apa," ungkap Ki Ageng Rangga. "Saya baru bergabung dua tahun lalu."

Rangga yang memiliki pangkat Letnan Jenderal Imperial Forces The Pentagon ini menegaskan jika Sunda Empire sama sekali tidak memiliki hubungan dengan Keraton Agung Sejagat. Ia berasumsi jika setelah dipecat Sunda Empire, Toto langsung tercetus untuk membuat kerajaannya sendiri.

"Itu (Toto Santoso) di luar dinasti, tidak ada hubungannya saudara Toto dengan Sunda Empire," tegas Rangga. "Mungkin setelah dipecat, Toto membangun seperti itu (keraton)."

You can share this post!

Related Posts