Kuasa Hukum Trump Ajukan Tanggapan Pemakzulan Sebelum Sidang, Tuntut Pembebasan Segera
Getty Images
Dunia

Tim legal Trump, yang dipimpin oleh penasihat Gedung Putih Pat Cipollone dan pengacara Jay Sekulow, diperkirakan akan mengandalkan argumen dalam dokumen tersebut sebagai bahan presentasi di hadapan Senat.

WowKeren - Sidang pemakzulan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan berlanjut di Senat pada pekan ini. Kuasa hukum Trump lantas mengajukan tanggapan terhadap dakwaan penyalahgunaan jabatan dan menghalangi kongres yang ditujukan pada kliennya pada Senin (20/1).

Dilansir BBC, tim legal Trump meminta para senator segera membebaskan sang Presiden dari dakwaan tersebut. Ringkasan hukum kasus dari kuasa hukum Trump akan sampai di hadapan Senat saat sidang pemakzulan dimulai pekan ini.

Orang-orang yang bekerja bersama tim legal Trump menilai bahwa artikel dakwaan tersebut tidak menunjukkan adanya pelanggaran hukum. Orang-orang itu juga menyebut bahwa tuduhan Trump menghalangi kongres bersifat "sembrono dan berbahaya", serta mewakili upaya pemisahan kekuasaan yang telah digariskan konstitusi.


Pengajuan tanggapan yang berisi 110 halaman tersebut mengandung bantahan keras terhadap tuduhan yang diberikan pihak Demokrat. Pengajuan tanggapan ini dikirimkan menyusul dokumen lebih pendek yang berisi argumen Trump terhadap pemakzulan yang telah lebih dulu dikirim pada Sabtu (18/1) pekan lalu.

Dalam dokumen yang dikirim pada Sabtu pekan lalu, terdapat klaim bahwa pemakzulan ini adalah serangan terhadap orang Amerika dan secara prosedural menentang penyelidikan. Sedangkan pada dokumen yang diajukan pada Senin kemarin, terdapat uraian lebih rinci dan contoh dari apa yang diklaim tim legal Trump tentang pemakzulan tidak sah.

Tim legal Trump, yang dipimpin oleh penasihat Gedung Putih Pat Cipollone dan pengacara Jay Sekulow, diperkirakan akan mengandalkan argumen dalam dokumen tersebut sebagai bahan presentasi di hadapan Senat. Meski demikian, narasumber yang bekerja untuk tim legal Trump menolak memberikan keterangan detail tentang persiapan mereka. "Saya tidak akan masuk lebih rinci tentang strategi kami ketika persidangan dimulai," tutur narasumber tersebut dilansir CNN Indonesia pada Selasa (21/1).

Sementara itu, tim "manajer pemakzulan" dari DPR AS telah mengirimkan tanggapan mereka sendiri, yang menyebut bahwa Trump terlibat dalam "perilaku korup ... untuk curang dalam Pilpres berikutnya". Sidang pemakzulan Trump sendiri akan dimulai pada Selasa (21/1) pukul 13.00 waktu setempat.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru