Selamat! Kapal Selam Asli Buatan Indonesia Dinyatakan Lolos Uji Coba
Nasional

Indonesia melalui PT PAL (Persero) bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) dari Korea Selatan memproduksi kapal selam bertajuk KRI 405 Alugoro.

WowKeren - Baru-baru ini Indonesia menorehkan sebuah prestasi yang tak bisa disangkal. Pasalnya Indonesia menjadi negara pertama di ASEAN yang berhasil memproduksi kapal selam.

Adalah PT PAL Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) Korea Selatan yang memproduksi kapal selam tersebut. Kapal selam itu sendiri dinamai KRI 405 Alugoro yang selesai diproduksi pada 11 April 2019 silam.


Kapal Alugoro pun harus menjalani uji coba Sea Acceptance Test (SAT) di Banyuwangi, Jawa Timur. Dimulai sejak pertengahan Januari 2020, kini rupanya hasil uji coba itu telah keluar.

Dilansir dari CNN Indonesia, Kapal Alugoro telah berhasil menjalani Nominal Diving Depth (NDD) di perairan utara Pulau Bali pada Selasa (21/1) kemarin. Kapal selam Alugoro berhasil menyelam hingga kedalaman 250 meter dalam tahapan NDD yang merupakan bagian dari 53 item SAT.

"Kapal selam tersebut sepenuhnya dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero). Dalam pengerjaan joint section PT PAL Indonesia (Persero) berhasil menyelesaikan dengan predikat zero defect," demikian kutipan rilis pers resmi dari PT PAL.

Sebelumnya PT PAL sudah membanggakan perihal produksi kapal selama ini. PT PAL menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara pertama di ASEAN yang berhasil mengerjakan kapal selam dan memakan waktu hingga empat tahun lamanya.

"Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara," jelas PT PAL melalui keterangan resminya, Selasa (21/1). "Yang mampu mengembangkan dan membangun teknologi kapal selam."

Kapal selam berjenis Diesel Electric Submarine U209 / 1400 (KSDE U209 Chang Bogo Class) ini memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan maksimum mencapai 21 knot di bawah air. KRI 405 Alugoro mampu melakukan penjelajahan selama 50 hari dengan membawa 40 kru. Kapal ini dirancang untuk bisa bertahan hingga 30 tahun.

You can share this post!

Related Posts