Enggak Hanya Nikmat, 7 Makanan Khas Indonesia Ini Ternyata Juga Punya Sejarah Unik
Kuliner

Indonesia terdiri dari berbagai suku dan budaya, tak heran jika makanan khas nusantara juga banyak memiliki perbedaan cita rasa. Tak heran jika beberapa masakan nusantara juga ada yang memiliki nama aneh dan latar belakang unik.

WowKeren - Indonesia terdiri dari berbagai suku dan budaya, tak heran jika makanan khas nusantara juga banyak memiliki perbedaan cita rasa. Tak heran jika beberapa masakan nusantara juga ada yang memiliki nama aneh dan latar belakang unik.

Beberapa makanan nusantara ada yang merupakan proses percampuran beragam jenis dan identitas budaya seperti budaya India, Tiongkok, Arab, dan Eropa dengan budaya lokal. Sejarah makanan ini terbentuk dari beberapa lapisan waktu dan memiliki jejak sejarah di masa lalu.

Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 makanan khas Indonesia yang memiliki sejarah unik. Selain rasanya yang nikmat, enggak ada salahnya mengetahui sejarahnya kan? Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Terkenal Hingga Mancanegara, Rendang Ternyata Punya Sejarah Menarik


Terkenal Hingga Mancanegara, Rendang Ternyata Punya Sejarah Menarik

Rendang bukan hanya terkenal di Indonesia, tapi juga sampai ke luar negeri dan bahkan masuk dalam daftar makanan terenak dunia. Selain enak, bagi masyarakat Minangkabau, rendang memiliki filosofi tersendiri, yaitu musyawarah dan mufakat.

Bahan pokoknya merupakan 4 bahan baku yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang, yaitu daging sapi, kelapa, cabai dan bumbu. Filosofinya, daging sapi yang merupakan lambang Niniak Mamak (para pemimpin suku adat), kelapa melambangkan “Cadiak Pandai” (kaum intelektual), lado atau cabai melambangkan “Alim Ulama” yang tegas untuk mengajarkan syariat agama, dan yang terakhir pemasak atau bumbu yang berarti keseluruhan masyarakat Minangkabau.

2. Yuk Intip Sejarah Kerak Telor, Jajanan Yang Mudah Kalian Temui Di Jakarta


Yuk Intip Sejarah Kerak Telor, Jajanan Yang Mudah Kalian Temui Di Jakarta

Hampir mirip omelet, kerak telor memiliki cita rasa gurih dan sedikit manis. Makanan khas Betawi ini terbuat dari bahan beras, ketan, putih telur ayam, udang kecil, dan bawang merah goreng. Nantinya akan ditambah bumbu halus seperti cabai merah, kencur, jahe, garam, gula pasir, merica butiran, dan suiran kelapa yang sudah disangrai.

Biasanya, sajian ini paling nikmat kalau disantap saat masih hangat dan mengepulkan asap. Kerak Telor sendiri ternyata sudah sejak zaman penjajahan Belanda. Menurut sejarah, Kerak Telor tercipta secara tidak sengaja, melihat banyaknya pohon kelapa yang tumbuh subur di Jakarta, membuat masyarakat memanfaatkan kelapa untuk dimasak beragam makanan, dan salah satunya kerak telor.

3. Tahu Gimbal Di Semarang Yang Punya Asal-usul Nama Yang Unik


Tahu Gimbal Di Semarang Yang Punya Asal-usul Nama Yang Unik

Tahu Gimbal adalah kuliner khas kota Semarang. Makanan ini terdiri dari campuran tahu yang digoreng, kol yang dirajang, tauge, telur serta lontong dan disajikan dengan siraman bumbu kacang encer/cair yang begitu khas, karena menggunakan petis udang.

Tapi perlu kalian ketahui jika nama gimbal disini bukanlah diambil dari penjualnya yang memiliki rambut gimbal. Namun gimbal adalah sebuah gorengan yang terbuat dari udang yang digoreng dengan tepung sampai menjadi garing. Makanan yang renyah ini disajikan bersama dengan campuran tahu dan lontong tersebut.

4. Kue Satu Khas Jawa Barat Yang Nikmat Sebagai Camilan Keluarga


Kue Satu Khas Jawa Barat Yang Nikmat Sebagai Camilan Keluarga

Kue Satu adalah kue tradisional Jawa Barat. Biasanya disajikan di acara-acara besar seperti Hari Raya Idul Fitri, khitanan, perkawinan dan lain-lain. Berbahan dasar kacang hijau, kue kering ini rasanya begitu manis dan teksturnya juga lembut. Camilan ini juga sering dijadikan oleh-oleh khas dari kota tersebut loh.

Dinamakan Kue Satu karena dalam proses pembuatannya, adonan ini dicetak satu persatu dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari balok kayu dan biasanya berbentuk bunga. Biasanya kue ini berbentuk bulat atau bunga-bunga dengan warna cenderung putih.

5. Kerupuk Melarat Khas Cirebon Yang Awalnya Dijadikan Camilan Untuk Rakyat Miskin


Kerupuk Melarat Khas Cirebon Yang Awalnya Dijadikan Camilan Untuk Rakyat Miskin

Siapa tidak menyukai camilan berbahan dasar tepung tapioka ini. Kerupuk memang menjadi makanan yang sangat khas bagi negara Indonesia. Berbagai macam jenis kerupuk dapat kita temukan disini. Rasanya yang gurih dan garing cocok untuk dijadikan camilan ataupun dimakan bersama nasi.

Kerupuk Melarat adalah kerupuk khas kota Cirebon. Disebut melarat karena camilan garing ini tidak digoreng dengan minyak, melainkan dengan pasir panas yang sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya karena harga minyak pada saat itu sangat mahal, dan pasir adalah inovasinya. Warna kerupuk ini identik mencolok seperti merah, kuning dan hijau.

6. Bika Ambon Ternyata Berasal Dari Medan Dan Bukannya Ambon


Bika Ambon Ternyata Berasal Dari Medan Dan Bukannya Ambon

Bika ambon mempunyai tekstur yang hampir mirip dengan martabak. Makanan legit ini dibuat dengan bahan dasar telur, gula dan santan. Rasanya sedikit kenyal dan sangat manis dengan aroma pandan. Terdapat banyak varian rasa saat ini yakni keju, cokelat dan durian.

Bika Ambon adalah oleh-oleh wajib dari daerah asalnya, Medan. Inilah keunikan dari kue berwarna kuning ini. Namanya memang Ambon, tapi tidak berasal dari sana melainkan dari Medan. Nama Ambon diambil dari nama jalan di kota Medan, tempat kue ini diproduksi untuk pertama kalinya. yaitu Jl. Ambon. Menarik kan?

7. Jangan Khawatir, Nasi Kentut Khas Medan Ini Enggak Bau Kentut Kok


Jangan Khawatir, Nasi Kentut Khas Medan Ini Enggak Bau Kentut Kok

Asal munculnya nama itu adalah karena masakan nusantara khas Medan ini dibungkus oleh daun kentut yang memang memiliki aroma tidak sedap seperti bau kentut. Namun, ketika disantap kalian akan melihat warna dari nasi tersebut memiliki warna kehijauan dan tercium aroma harum.

Nasinya pun dilengkapi dengan berbagai rempah-rempah bercita rasa gurih dan lauk seperti ikan pepes, ayam goreng, serta tahu atau tempe. Tidak banyak yang tahu bahwa daun kentut adalah tanaman obat yang tumbuh liar dan memiliki khasiat seperti membantu melancarkan pencernanaan.

Intip juga berbagai yuk berbagai jenis pecel khas nusantara yang unik di sini. Simak juga beberapa rekomendasi kuliner malam yang bisa kalian temui di Bandung lewat artikel berikut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel