Jokowi Pasang Badan Bela Prabowo: Pak Menhan Ke LN Bukan untuk Jalan-Jalan
Nasional

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa kunjungan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto keluar negeri bukanlah untuk sekadar jalan-jalan namun demi diplomasi.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi pasang badan membela Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terkait kunjungan kerja keluar negeri. Jokowi menegaskan bahwa Prabowo berkunjung ke negara-negara lain bukan hanya untuk sekadar jalan-jalan.

"Jadi kalau ada yang mempertanyakan, Pak Menhan pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, itu adalah dalam rangka diplomasi pertahanan," kata Jokowi di Jakarta, Kamis (23/1). "Bukan sekadar jalan-jalan."

Seperti diketahui sebelumnya, usai menjabat sebagai Menhan, Prabowo melakukan sejumlah kunjungan ke luar negeri. Jokowi menjelaskan bahwa tujuan kunjungan tersebut berkaitan dengan masalah pertahanan. Dikatakan Jokowi, Prabowo harus pergi ke negara-negara tersebut untuk mengecek barang-barang pertahanan yang hendak dibeli Indonesia.

"Kalau ada yang bertanya itu belum mengerti urusan diplomasi pertahanan," lanjut Jokowi. "Meskipun saya tahu, dalam rangka melihat alutsista yang ingin kita beli, bagus atau tidak bagus, bisa digunakan atau tidak bisa digunakan, semuanya dicek."


Selain itu, Jokowi juga menjelaskan bahwa kepergian kunjungan Prabowo ke luar negeri sudah melalui persetujuan. "Itu sudah kita diskusikan dengan Pak Menhan, tidak sekali dua kali. Banyak nih yang nggak tahu," ujar Jokowi.

Sebelumnya, juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak telah menjelaskan alasannya melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara seperti Malaysia, Thailand, Turki, Tiongkok, Jepang, Filipina, hingga Prancis. Senada dengan Jokowi, ia menyebut hal itu sebagai upaya melakukan diplomasi pertahanan.

"Diplomasi pertahanan itu penting sekali," kata Dahnil di Jakarta Pusat, Kamis (16/1). "Itu adalah bagian penting konsep besar pertahanan kita, kita hidup di dunia terdiri dari negara-negara yang besar."

Dahnil menjelaskan bahwa dalam diplomasi pertahanan, ada yang namanya kerja sama baik terkait industri pertahanan maupun pertahanan itu sendiri. "Diplomasi pertahanan itu ya salah satunya kerja sama industri pertahanan di satu sisi. Di sisi lain, tentu kerja sama pertahanan. Kerja sama pertahanan itu banyak hal. Industri pertahanan apa? Pembelian senjata salah satunya," sebut Dahnil.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait