Kota Dikarantina, Ini Imbauan Kemenlu Untuk Para WNI di Wuhan Tiongkok
Nasional

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mengeluarkan sejumlah imbauan untuk para warga negara Indonesia (WNI) yang hingga kini masih berada di Wuhan, Tiongkok agar tak terinfeksi virus Corona.

WowKeren - Virus Corona yang menyebabkan pneumonia di Tiongkok telah mewabah ke sejumlah negara. Virus ini sendiri awalnya muncul di kota Wuhan, Tiongkok hingga menyebar ke kota-kota lainnya.

Penyebaran virus yang cepat tersebut telah berhasil sampai ke sejumlah negara Asia seperti Thailand, Jepang, Korea Selatan hingga ke benua Amerika Serikat (AS). Penyebaran virus yang luas ini lantas membuat pemerintah Tiongkok untuk menutup Kota Wuhan yang merupakan sumber virus tersebut berasal.

Pemerintah setempat memutuskan untuk menutup segala akses masuk dan keluar dari Kota Wuhan demi mencegah penyebaran wabah virus corona. Seperti yang diketahui, wabah ini telah menewaskan 17 warga Tiongkok.


Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Indonesia telah mengeluarkan sejumlah imbauan. Imbauan tersebut berdasarkan arahan dari Kementerian Kesehatan RI, ditujukan untuk semua warga negara Indonesia yang berada di Kota Wuhan, Tiongkok.

Adapun hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Memperhatikan kondisi kesehatan dan sesegera mungkin melakukan konsultasi medis jika merasa tidak sehat. Terlebih apabila menemukan gejala seperti demam, batuk, dan sulit bernafas.
  2. Selain itu, WNI juga diminta menghindari kontak dengan hewan hidup seperti unggas dan burung. Sangat tidak dianjurkan pula untuk mengonsumsi makanan yang terdiri dari daging mentah atau setengah matang.
  3. WNI di Wuhan diminta untuk tidak berkunjung ke pasar ikan, penjual makanan laut, atau tempat-tempat yang menjual hewan hidup. Sebab, awal penyebaran virus ini diduga berasal dari kawasan pasar ikan.
  4. Hal lain, selalu menjaga higienitas tubuh dengan senantiasa mencuci tangan dengan sabun, mengenakan masker saat batuk pilek, dan menutup mulut dengan tisu saat batuk atau bersin.
  5. Hal paling penting adalah menghindari berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki gejala demam, batuk, dan susah bernafas, atau gejala lain yang menyerupai pneumonia.

Berdasarkan hasil pemantauan KBRI Beijing, sejauh ini tidak ada WNI di Tiongkok yang terjangkit virus tersebut. Namun jika WNI membutuhkan bantuan Pemerintah Indonesia atau kekonsuleran dapat menghubungi KBRI di China yang beralamat di No. 4, Dongzhimenwai Dajie, Chao Yang District, Beijing 100600.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru