Yenny Wahid Ngaku 'Dilobi' Erick Thohir Jadi Komisioner Garuda Pakai Pisang Goreng
Instagram/yennywahid
Nasional

Penunjukkan Yenny Wahid sebagai Komisaris Garuda memang cukup mengejutkan, mengingat ia tak memiliki latar belakang maupun pengalaman di industri penerbangan.

WowKeren - Putri sulung Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Yenny Wahid, telah ditunjuk sebagai Independen PT Garuda Indonesia Tbk (Persero). Jabatan anyar Yenny tersebut telah disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda di Cengkareng, Jakarta, pada Rabu (22/1).

Penunjukkan Yenny sebagai Komisaris Garuda pun cukup mengejutkan, mengingat ia tak memiliki latar belakang maupun pengalaman di industri penerbangan. Yenny lantas mengungkapkan bagaimana ia awalnya mendapat tawaran dari Menteri BUMN Erick Thohir.


Erick disebut pertama kali "melobi" Yenny terkait tawaran jabatan Komisaris Garuda dengan menggunakan pisang goreng. "Waktu itu beliau dari Labuan Bajo ngasih pisang goreng," ungkap Yenny dilansir Kumparan pada Jumat (24/1).

Meski demikian, pesan serius yang akhirnya membuat Yenny menerima tawaran Erick adalah Garuda Indonesia yang dinilai merupakan ikon Tanah Air. Yenny pun ingin berkontribusi untuk memperbaiki kinerja Garuda, apalagi perseroan mengalami kerugian hingga Rp 2,5 triliun pada tahun buku 2018.

"Intinya ketika Pak Erick minta bantuan saya untuk membantu berkontribusi terhadap perbaikan Garuda Indonesia ke depannya," ujar Yenny. "Saya terpanggil."

Yenny sendiri mengakui bahwa persoalan di maskapai pelat merah tersebut sudah sangat kompleks, salah satunya terkait utang. "Utangnya banyak. Utangnya banyak sekali, beban masa lalunya banyak," jelas Yenny.

Tak hanya diminta mengawasi Garuda untuk menyelesaikan setumpuk utang, Yenny juga diminta untuk mengawal maskapai agar menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance). Hal ini tak mengherankan, mengingat sejumlah kontroversi yang menimpa Garuda Indonesia selama 2018-2019, seperti larangan foto di dalam pesawat hingga kasus penyelundupan Harley Davidson.

Di sisi lain, Erick sendiri menilai bahwa Yenny merupakan sosok yang sangat mumpuni dalam mengemban tugas jabatan ini. Erick menyebut bahwa kehadiran Yenny bisa melindungi para pekerja perempuan di Garuda Indonesia, termasuk para pramugari.

"Kalau ibu Yenny, enggak usah dipertanyakan lah. Kan figur wanita yang bagus," ujar Erick usai rapat di Kementerian Pertahanan pada Kamis (23/1). "Dengan ibu Yenny, tentu sekarang pramugari, front officer perempuan, paling tidak ada yang melindungi atau ada yang bisa diajak bicara."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts