Pakar Medis Sebut Virus Corona Bisa Menular Lewat Mata, Begini Penjelasannya
Dunia

Salah satu pakar medis tersohor di Tiongkok, Wang Guangfa, mengaku jika dia tertular virus Corona ketika mengunjungi kota Wuhan dua pekan lalu. Dalam klaimnya, ia mengatakan virus itu bisa menyebar lewat mata.

WowKeren - Di tengah gamparnya pemberitaan soal wabah virus Corona, seorang pakar medis asal Tiongkok baru saja memberikan pernyataan mengejutkan. Pasalnya, pakar medis bernama Wang Guangfa tersebut menyatakan bahwa virus yang meresahkan warga dunia ini bisa menular lewat mata.

Dilansir dari Daily Mirror, Wang Guangfa sendiri dikenal sebagai salah satu tokoh populer dalam dunia medis Tiongkok. Ia juga pernah membantu mengatasi wabah SARS yang merebak pada tahun 2003 silam.

Yang mengejutkan, Wang Guangfa mengklaim kalau ia juga sempat terinfeksi virus Corona, namun kini telah sembuh total. Dalam pernyataannya, Guangfa mengaku jika dia tertular virus jenis baru tersebut ketika mengunjungi Wuhan dua pekan lalu.

Wang Guangfa menuturkan kalau kala itu ia sudah mengenakan masker N95 serta pakaian pelindung lengkap. Akan tetapi, ia masih juga tertular. Oleh karena itu, pakar pernapasan Rumah Sakit Universitas Peking Beijing tersebut mengaku kalau virus Corona bisa menular lewat kontak mata.

"Aku segera menyadari kalau aku tidak memakai pelindung mata (saat itu)," tutur Wang Guangfa.


Saat kembali ke Beijing, ia mengklaim kalau dirinya mulai mengalami konjungtivis di bagian mata kirinya. Selang tiga jam setelahnya, Wang Guangfa mengaku menderita demam dan radang selaput lendir yang parah. Wang Guangfa pun akhirnya melakukan tes virus Corona dan hasilnya positif.

Menindaklanjuti klaim Wang Guangfa, pakar dari Komisi Kesehatan Nasional China Li Lanjuan menyatakan, tim medis yang merawat pasien harus mengenakan goggle, atau semacam kacamata pelindung.

Sementara itu, informasi terkini menyebut sebanyak lebih dari seribu orang dirawat akibat terinfeksi virus Corona dan 41 orang meninggal dunia. Pasien yang terinfeksi virus ini pun tak hanya di Tiongkok tetapi juga sudah dikonfirmasi di sejumlah wilayah di Asia, bahkan Amerika.

Kota Wuhan yang dianggap sebagai sumber virus Corona pun harus diisolasi total. Dari berbagai video yang viral di media sosial menunjukkan pasien-pasien terinfeksi virus Corona sampai berjatuhan di tempat umum karena sudah tak sanggup mengatasi penyakitnya.

Situasi di rumah sakitnya pun cukup tak terkendali lantaran membludaknya pasien terinfeksi virus Corona. Bahkan korban-korban yang sudah meninggal dunia sampai dibiarkan tergeletak di koridor lantaran tak ada lagi ruang untuk mereka.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru