Sumbar Justru Sambut Turis Tiongkok Saat Wabah Corona, Wagub Langsung Tegas Usir
Twitter/infoSumbar
Nasional

Wagub Sumatera Barat, Nasrul Abit, ikut berkomentar usai pihaknya menuai kritikan keras gegara menyambut ratusan turis Tiongkok di tengah ramai isu wabah virus Corona.

WowKeren - Wabah virus Corona tengah menjadi pembahasan panas di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Tentu hal ini tak lepas dari pesatnya penyebaran virus yang belakangan dilaporkan telah menewaskan lebih dari 50 orang tersebut.

Wabah ini membuat sejumlah negara memperketat laju keluar-masuk warga, termasuk turis dari Tiongkok. Namun tampaknya Indonesia masih menjadi "negara santai" lantaran tak memusingkan hal tersebut.

Hal ini terbukti dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang justru menerima 150 turis asal Tiongkok pada Minggu (26/1) kemarin. Tak hanya itu, bahkan para turis tersebut justru disambut meriah bak tamu kerajaan, lengkap dengan hiburan khas Sumbar.

"Video Penyambutan Wisatawan asal Kunming, China di Bandara Internasional Minangkabau (26/1) tadi pagi. Sebanyak 150 wisatawan ini akan kembali ke negaranya 31 Januari nanti," cuit @infoSumbar pada Minggu siang. "Di hari yang sama juga akan datang rombongan kedua wisatawan dari China. Info jumlahnya blm kami ketahui."

Twitter/infoSumbar


Penyambutan ini langsung menuai kecaman keras dari berbagai pihak. Pemprov Sumbar dianggap tidak memahami situasi pelik yang tengah terjadi karena virus mematikan itu mudah sekali menyebar dari individu ke individu lain.

Kecaman dan penolakan ini rupanya tak diabaikan begitu saja oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Sebagai tanggapannya, Nasrul pun meminta dengan tegas agar para wisatawan asal Tiongkok itu dipulangkan lebih cepat.

Namun demikian Nasrul, secara tersirat, mengaku tak bisa memaksakan kehendaknya. Pasalnya kehadiran para turis dari negara yang jadi tempat pertama kali munculnya virus Corona itu berkaitan dengan hubungan bilateral.

"Ini kan menyangkut hubungan luar negeri. Jadi kita sedang bernegosiasi dengan pihak Cina dan travel agen agar kunjungannya di Sumber dipersingkat saja," jelas Nasrul pada Minggu (26/1) malam.

Tetapi Nasrul menegaskan pihaknya telah menolak kedatangan dua kelompok turis Tiongkok selanjutnya yang sudah dijadwalkan tiba. Seperti turis yang kemarin disambut meriah, wisatawan gelombang kedua ini juga akan melawat ke sejumlah destinasi seperti Pariaman, Bukittinggi, Tanah Datar, Padang, dan Kawasan Mandeh.

"Ini kan sudah ada penolakan dari masyarakat," tegas Nasrul. "Jadi untuk kunjungan berikutnya kita tunda dulu."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait