IDI Ungkap Cara-Cara Penularan Virus Corona dan Langkah Pencegahannya
Nasional

Diketahui, virus Corona awalnya menular dari hewan ke manusia melalui makanan. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) lantas mengungkapkan bahwa virus baru ini juga dapat menular antar-manusia.

WowKeren - Virus Corona kini memang tengah menjadi bahan perbincangan panas. Banyak masyarakat yang dibuat khawatir dengan penyebaran virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok tersebut.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) lantas mengungkapkan cara-cara penularan virus anyar tersebut. IDI juga mengungkapkan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencegah penjangkitan virus Corona.

Diketahui, virus Corona awalnya menular dari hewan ke manusia melalui makanan. Yakni saat manusia memakan daging hewan yang membawa virus tersebut. Dilansir CNN Indonesia, dalam kasus di Wuhan, orang yang awalnya terjangkit virus Corona adalah mereka yang telah memakan sup ular.

Menurut Ketua Umum IDI, dr Daeng Mohammad Faqih, virus Corona jenis baru ini tak hanya menular dari hewan ke manusia saja. Virus tersebut juga bisa menular lewat kontak langsung dengan pasien atau orang yang terjangkit virus.


Kontak langsung yang dimaksud bisa lewat pernapasan, percikan ludah, terkena napas atau batuk orang yang positif terjangkit Corona, serta sentuhan langsung ke makanan yang telah dikonsumsi orang yang terinfeksi virus itu. "Dari cairan dari air liur, kemudian kalau kena batuk di makanannya kemudian termakan juga itu bisa menular," terang Daeng dilansir Antara, Minggu (26/1).

Sementara itu, untuk pencegahannya, Daeng mengimbau agar masyarakat tidak melakukan perjalanan ke tempat mewabahnya virus Corona. Ia juga meminta masyarakat untuk menghindari kontak langsung dengan orang-orang yang telah terinfeksi virus Corona.

"Salah satu untuk mencegah terinfeksi virus itu yakni jangan melakukan kontak dengan penderita," tegas Daeng. "Masyarakat jangan melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang ada penyakit itu biar tidak tertular."

Selain itu, upaya pencegahan penularan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan masker. Meski demikian, masyarakat Indonesia tidak perlu panik karena hingga saat ini masih belum ditemui kasus pasien positif terinfeksi virus Corona di Tanah Air.

Daeng juga meminta agar masyarakat selalu menerapkan pola hidup bersih, seperti mencuci tangan sebelum makan. "Karena penularan virus ini bisa ke jaringan mukosa di badan, maka jangan gampang mengucek mata, hidung pakai tangan, dan kalau bisa tangannya selalu bersih, misalnya mau kucek mata dan hidung, mau makan, maka tangan sebaiknya dibersihkan dulu," pungkas Daeng.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru