Ubah Informasi PBB di Wikipedia, Roy Suryo Polisikan Petinggi Sunda Empire
Nasional

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo menilai bahwa petinggi Sunda Empire telah melakukan pencemaran nama baik dan penyebaran berita bohong melalui laman Wikipedia.

WowKeren - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo melaporkan petinggi Sunda Empire, Ki Ageng Rangga Sasana, ke pihak kepolisian pada Jumat (24/1). Adapun alasan Roy melakukan hal itu lantaran Rangga dinilai telah melakukan pencemaran nama baik dan menyebarkan berita bohong.

Adapun berita bohong yang dimaksud adalah dengan mengubah informasi yang ada di laman Wikipedia. Pada informasi mengenai sejarah Perserikatan bangsa-Bangsa, sempat tertulis bahwa PBB didirikan di daerah Lembang, Bandung. Sebagai pakar telematika, Roy pun mengecek alamat IP yang digunakan untuk mengutak-atik laman Wikipedia tersebut.

"IP anonim itu merujuk ke Sunda Empire," kata Roy, Jumat (24/1). "Dia secara kasar dan tidak ilmiah telah mengubah sejarah melalui Wikipedia."

Sedangkan terkait kasus pencemaran nama baik, Roy menyebut hal itu berkaitan dengan acara di salah satu stasiun televisi. Dalam diskusi, Rangga menyebut tempat didirikannya NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) dan PBB ialah di Bandung.


"Yang bersangkutan malah mengatakan secara langsung kalau saya salah, tidak mengerti sejarah," tegas Roy. "Dia menuduh saya enggak mengerti sejarah."

Terkait pelaporan ini, Ki Ageng Rangga menyampaikan tanggapannya. Menurutnya, Roy tak ubahnya maling teriak maling. "Tanggapan Saya kepada Saudara Roy Suryo maling teriak maling," ujar Rangga, sabtu (25/1).

Ia pun menyebut bahwa Sunda Empire tidak pernah melakukan perubahan yang dimaksud. "Saya sendiri tidak mengutik-utik komputer, Saya seorang sekretaris jenderal, mosok ngurus-ngurus gituan," katanya.

Sebaliknya, ia justru menuduh Roy yang telah mengubah isi informasi tersebut namun melimpahkan kesalahan pada Sunda Empire alias mencari kambing hitam. "Dia yang membuat, kemudian fitnah, karena ditujukan bahwa saya mengubah Wikipedia, ternyata tidak," tandasnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru