Batal Jadi Dirut TransJakarta, Donny Saragih Angkat Bicara Soal Status Napi Penipuan
Nasional

Pemegang saham PT TransJakarta akhirnya membatalkan Donny Andy S Saragih sebagai Direktur Utama karena status terpidana kasus penipuan. Menanggapi hal ini, Donny pun buka suara soal kasus penipuan yang menjeratnya

WowKeren - Donny Andy S Saragih ditunjuk menjadi Direktur Utama PT Transportasi Jakarta alias TransJakarta menggantikan Agung Wicaksono. Sayangnya, keputusan tersebut dibatalkan pada Senin (27/1) karena status Donny sebagai terpidana kasus penipuan.

Terkait pembatalan tersebut, Donny pun lantas angkat bicara soal kasus penipuan yang menjeratnya. Ia mengatakan jika kasus yang ditudingkan pada dirinya adalah rekayasa.

Kejadian tersebut terjadi pada tahunu 2017 saat dirinya menjabat Direktur Operasional PT Eka Sari Lorena Transport (PO Lorena), yang berawal dari adanya rekayasa dokumen untuk mendapatkan Initial Public Offering (IPO). "Masalah itu, masalah korporasi, bukan masalah saya sendiri, itu terjadi saat saya jadi Direktur di Lorena," ujar Donny dilansir Antara, Senin (27/1).

"Masalahnya adalah soal dokumen negara yang dipalsukan, karena saat itu dokumen tidak ada untuk kelengkapan mau IPO," sambungnya. "Dokumen itu adalah yang melekat pada bus. Namanya KIU dan KP (Kartu Izin Usaha dan Kartu Pengawasan)."


Lebih lanjut, Donny juga menyebutkan seseorang yang mengaku sebagai petugas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memeras pihak Lorena dengan meminta sejumlah uang. "Setelah dipalsukan dan lolos IPO, dapat Rp 130 miliar, berapa lama kemudian, ketahuan dokumen tersebut tidak benar," paparnya. "Ada orang yang ancam mem-blackmail (memeras), untuk kita bayar agar berita tidak naik ke atas, supaya tidak diangkat, kalau diangkat kantor akan terlihat jelek, akan kembalikan Rp130 miliar itu."

Akhirnya Lorena membuat rekayasa kasus dengan menjadikan dirinya sebagai orang yang mengaku dari OJK dan melakukan pemerasan, agar masalah ini seakan selesai dan kasus pemalsuan dokumen tidak dilanjutkan.

"Itulah yang di-create, supaya itu semua kelihatan untuk membuat black mail itu berhenti. Menunjukkan Lorena sudah melakukan action untuk menangkap yang begitu-begitu (black mail)," jelasnya. "Tapi yang jadi masalah adalah apa sih itu OJK? Apa urusan OJK telepon-telepon orang? Masak saya digali cerita itu, masak iya saya hanya mengaku dari OJK bisa minta duit. Enggak mungkin mas, nggak ada penyebabnya."

Donny kemudian menegaskan bahwa dirinya tidak mengetahui soal kasus tersebut, ia menilai namanya dibawa-bawa karena posisi direktur yang akan disandangnya. "Terbawa, karena posisi sebagai direktur yang dokumen direktoratnya dipalsukan," tegasnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru