Tolak Penularan Penyakit! 7 Tips Ini Bakal Bikin Kalian Tetap Sehat Saat Bepergian Keluar Negeri
Health

Wabah virus corona telah menyebar tidak terkendali ke sejumlah negara. Untuk itu, kalian harus senantiasa menjaga diri sendiri agar tetap sehat meski sedang berwisata di luar negeri. Bagaimana caranya?

WowKeren - Dunia saat ini di khawatirkan dengan meluasnya wabah virus corona (coronavirus). Virus misterius ini pada awalnya muncul di pasar ikan dan hewan yang terletak di Wuhan, Tiongkok dan terus merambah ke kota-kota lainnya.

Wabah virus corona telah menyebar tidak terkendali ke sejumlah negara diantaranya adalah Korea Selatan, Amerika Serikat, hingga Thailand dan Jepang. Hal ini membuat banyak turis merasa khawatir akan tertular ketika sedang bepergian.


Bepergian keluar negeri memang memiliki resiko yang cukup besar. Berada di negara baru yang belum familiar dengan lingkungannya membuat sistem imun tubuh ikut berubah. Belum lagi berbagai penyakit yang tersebar di bandara di mana ratusan orang berkumpul dari berbagai tempat.

Untuk itu, kalian harus senantiasa menjaga diri sendiri agar tetap sehat meski sedang berwisata di luar negeri. Bagaimana caranya? Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips agar terus sehat ketika bepergian di luar negeri. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Selalu Konsultasi Dokter Sebelum Kalian Memulai Perjalanan Ke Luar Negeri


Selalu Konsultasi Dokter Sebelum Kalian Memulai Perjalanan Ke Luar Negeri

Sebelum hari keberangkatan, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter langganan yang sudah memahami riwayat kesehatan tubuh kalian. Ikuti anjuran yang diberikan dokter tersebut untuk menjamin liburan tersebut bisa dijalani dengan tetap bugar.

Hal ini akan memudahkan perjalanan kalian sehingga tidak "ambruk" saat berjalan-jalan. Selain itu, Jadwalkan ulang ke dokter jika kalian merasa benar-benar sakit. Jika sakit serius sebelum perjalanan, akan lebih bijaksana untuk menjadwal ulang dan tidak memaksa berangkat agar tidak menularkan penyakit pada orang lain.

2. Cari Tahu Penyakit Yang Mewabah Di Negara Yang Akan Kalian Kunjungi


Cari Tahu Penyakit Yang Mewabah Di Negara Yang Akan Kalian Kunjungi

Jangan hanya mencari tahu destinasi wisata apa saja yang menarik untuk dikunjungi di negara tujuan. Kalian juga harus mencari tahu penyakit apa yang sedang mewabah di negara yang akan kalian kunjungi.

Hal ini karena risiko tertular penyakit dari negara-negara yang dikunjungi akan selalu ada, sehingga penting untuk melakukan upaya pencegahan, seperti vaksinasi. Hal ini juga penting disampaikan kepada dokter saat kalian melakukan check up agar petugas medis dapat memberikan perlindungan yang terbaik.

3. Lakukan Vaksinasi Sebelum Berangkat Berlibur Juga Sangat Dianjurkan


Lakukan Vaksinasi Sebelum Berangkat Berlibur Juga Sangat Dianjurkan

Setelah kamu mengetahui penyakit apa saja yang sedang mewabah di negara yang akan kamu kunjungi, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah vaksinasi. Hal ini merupakan salah satu upaya pencegahan terbaik yang bisa dilakukan, untuk mengurangi risiko penularan penyakit.

Beberapa negara di Afrika dan Amerika Selatan mengharuskan wisatawan mendapatkan vaksin demam kuning atau obat pencegah malaria setidaknya tujuh hingga 10 hari sebelum mereka pergi. Namun, sebenarnya ada banyak jenis vaksin lain yang mungkin dibutuhkan, sesuai penyakit yang sedang mewabah di destinasi tujuan.

4. Kebiasaan Selalu Cuci Tangan Setiap Saat Juga Dapat Membantu Tubuh Tetap Sehat


Kebiasaan Selalu Cuci Tangan Setiap Saat Juga Dapat Membantu Tubuh Tetap Sehat

Sederhana, tetapi kerap dilupakan. Padahal, mencuci tangan merupakan kebiasaan yang sangat perlu diterapkan kapan dan di mana saja, sebagai salah satu upaya mencegah penularan penyakit. Apalagi jika kalian sedang bepergian ke daerah asing, seperti ke luar negeri, yang biasanya dihabiskan dengan berjalan-jalan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Mencuci tangan dapat membunuh dan mengurangi kotoran serta bakteri tak kasat mata yang hinggap di tangan. Selain itu selalu sediakan juga pembersih tangan antiseptik, jika dalam suatu waktu tidak memungkinkan untuk cuci tangan dengan air. Penting juga untuk diingat, jangan menyentuh-nyentuh area wajah sebelum kamu mencuci tangan, agar kuman tidak masuk melalui mata, hidung, ataupun mulut.

5. Usahakan Untuk Tidak Jajan Sembarangan Demi Menghindari Penyakit


Usahakan Untuk Tidak Jajan Sembarangan Demi Menghindari Penyakit

Hati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang diragukan kesterilannya. Supaya aman, sebaiknya minum produk air maupun makanan dalam kemasan yang sudah terjamin kebersihannya. Atau jika bisa memakan buah-buahan yang dikupas sendiri sebagai camilan yang sehat.

Kalaupun tergiur untuk jajan makanan di pinggir jalan, pilih yang masih panas dan langsung keluar dari alat masak. Jangan memilih makanan yang sudah lama di pajang untuk menghindari kotoran bertumpuk. Jangan nekat beli makanan jika tempat dan pejualnya meragukan soal kebersihan.

6. Penuhi Asupan Vitamin Agar Tubuh Tetap Terjaga Kesehatannya


Penuhi Asupan Vitamin Agar Tubuh Tetap Terjaga Kesehatannya

Asupan vitamin juga perlu diperhatikan untuk membuat tubuh tetap sehat selama liburan. Dengan asupan vitamin yang cukup, daya tahan tubuh akan lebih terjaga, sehingga kemungkinan untuk terserang berbagai penyakit selama traveling pun menurun.

Asupan vitamin bisa didapatkan secara alami dari makanan, seperti buah dan sayur, atau dalam bentuk suplemen. Selain itu, minum air putih yang cukup juga merupakan salah satu kunci untuk bisa tetap sehat ketika traveling. Sesuaikan kebutuhan cairan kalian dengan faktor perbedaan cuaca dan intensitas aktivitas yang dilakukan selama traveling ya.

7. Hati-hati Terhadap Binatang Ketika Berwisata Di Negara Lain


Hati-hati Terhadap Binatang Ketika Berwisata Di Negara Lain

Hewan diketahui merupakan salah satu perantara penyakit. Namun hal ini bukan berarti kalian harus menghidari semua hewan ya. Cukup jaga jarak dengan hewan tersebut dan jauhi sebisa mungkin hewan yang terlihat sakit dan panggil petugas yang berwajib.

Jangan membelai hewan peliharaan. Gigitan dan cakaran hewan dapat menularkan rabies, dan vaksinasinya tidak tersedia di setiap negara.Gunakan losion anti nyamuk agar terhindar dari penyakit dengue atau malaria.

Intip juga yuk fakta-fakta tentang virus corona mulai dari penularannya hingga pencegahannya dalam artikel berikut. Simak juga beberapa etika yang harus kalian patuhi jika bepergian menggunakan pesawart di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru