Punya 2 Hal Ini, WHO Nilai Indonesia Siap Hadapi Virus Corona
Nasional

WHO menilai sistem peringatan dini yang dimiliki Indonesia dalam menghadapi penyebaran virus corona sudah tepat, yakni dengan kesiapsiagaan di pintu masuk dan RS rujukan.

WowKeren - Pemerintah Republik Indonesia telah melakukan langkah antisipasi terkait wabah virus corona yang telah merebak di sejumlah negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menilai bahwa persiapan Indonesia dalam menghadapi penyebaran virus corona sudah baik.

Kesiapan menghadapi pandemi virus corona tipe baru atau 2019-nCoV telah dilakukan di 135 titik masuk ke Indonesia. Adapun langkah kesiapsiagaan tersebut diberlakukan di pintu-pintu masuk keluar negara, mulai dari jalur darat, laut, hingga udara.

Hal itu dilakukan pemerintah dengan menyiapkan alat pendeteksi suhu tubuh dan pemeriksaan lanjutan. Perwakilan WHO untuk Indonesia Navaratnasamy Paranietharan mengapresiasi sistem peringatan dini yang dimiliki Indonesia terkait wabah virus corona.

"Jadi pemeriksaan bekerja dengan baik. Indonesia memiliki sistem peringatan dini yang berfungsi dan 100 rumah sakit yang tersebar di banyak tempat," kata Navara seperti dilansir Republika, Selasa (28/1). "Yang dapat menangani kasus rujukan dengan cara yang tepat dan ukuran pengendalian serta pencegahan infeksi yang juga tepat."


Seperti diketahui, Jokowi menyebut bahwa pemerintah telah menyediakan 100 rumah sakit yang bisa dijadikan sebagai rujukan. RS-RS tersebut memiliki fasilitas ruang isolasi terhadap pasien dengan gejala penyakit paru-paru dan pernapasan.

Sementara itu menurut Menteri Kesehatan, saat ini sudah ada 13 orang yang tengah diobservasi terkait virus corona. Mereka tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Sebanyak 11 orang diantaranya dinyatakan negatif, sedangkan dua orang lainnya masih diperiksa.

Sejumlah kasus yang dicurigai penularan virus corona ditemukan antara lain di Jakarta, Bali, Manado, dan Sorong. Namun, Kemenkes menyebut hingga Senin (27/1), tidak ada pasien di Indonesia yang terkonfirmasi terinfeksi virus corona tipe baru.

Selain itu, para petugas kesehatan di Indonesia juga mengikuti SOP sesuai mekanisme pemeriksaan laboratorium WHO. Oleh sebab itu, WHO menilai yang dilakukan Indonesia sudah tepat.

"WHO menilai Indonesia sudah berada di jalur yang tepat dalam hal kesiapan (menghadapi penyebaran virus corona)," lanjut Navara. "Tentunya ini akan tergantung pada jumlah kasus yang ada di Indonesia dan seberapa besar wabahnya."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait