Puluhan Ribu Rakyat Kanada Buat Petisi Tolak Biayai Kehidupan Pangeran Harry dan Meghan Markle
Getty Images
Selebriti

Rupanya kekhawatiran menyelimuti anggota Federasi Wajib Pajak Kanada setelah mereka mengetahui bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle mulai tinggal di Vancouver.

WowKeren - Ratu Elizabeth II telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait pencopotan gelar Pangeran Harry dan Meghan Markle. Dalam pengumuman yang dibagikan pada 18 Januari tersebut, sang Ratu mengklaim bahwa ia merestui keputusan Harry dan Meghan yang ingin melanjutkan hidup mereka secara mandiri dan lepas dari Kerajaan.

Harry dan Meghan juga diizinkan untuk tinggal paruh waktu di Inggris dan Kanada. Namun sebagai konsekuensinya, Harry dan Meghan harus melepas gelar HRH (His/Her Royal Highness) alias Yang Mulia.


Bukan cuma itu saja, dalam pengumuman ini Harry dan Meghan juga dipastikan akan mundur dari tugas-tugas kerajaan sepenuhnya, termasuk yang berkaitan dengan kegiatan kemiliteran. Pendanaan dari uang publik untuk keduanya pun dihentikan, yang berarti mereka tak lagi mendapatkan Sovereign Grant alias tunjangan dari pajak rakyat Inggris.

Tekait hal ini, rupanya kekhawatiran menyelimuti anggota Federasi Wajib Pajak Kanada, setelah mereka mengetahui bahwa pasangan Sussex mulai tinggal di Vancouver. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan oleh Kanada untuk pengamanan keluarga Pangeran Harry bisa mencapai angka Rp90 miliar per tahun.

Dilansir The Sun pada Rabu (29/1), lebih dari 80 ribu warga Kanada telah menandatangani petisi yang berisi tuntutan agar Meghan dan Harry membayar keamanan mereka dengan uang yang mereka miliki. Dari ribuan penduduk Kanada yang telah menandatangani petisi tersebut, mereka menuntut janji Meghan dan Harry yang ingin mandiri secara finansial.

Kekhawatiran terus tumbuh ketika pemerintah Kanada mengungkapkan bahwa pasangan ini akan menghabiskan biaya sekitar Rp4 miliar untuk memindahkan harta mereka dari Windsor ke Vancouver. Apalagi masih belum jelas apakah pajak Inggris akan membantu biaya untuk memindahkan barang-barang pribadi milik Harry dan Meghan atau tidak.

Salah satu anggota Federasi Wajib Pajak Kanada, Laurel Collins, menjadi orang pertama yang menantang pemberian uang tunai kepada Meghan dan Harry untuk keamanan mereka. "Aku berharap mereka berencana menutupi biaya keamanan mereka sendiri."

"Ketika berbicara tentang uang yang dihabiskan pemerintah untuk mereka, penting bagi kita untuk menempatkan hal ini dalam konteks agar memikirkan prioritas kita," tegasnya.

"Bahwa kita memprioritaskan membuat hidup lebih terjangkau bagi orang-orang dan kita membelanjakan uang pajak kita untuk hal-hal yang benar-benar penting bagi penduduk Kanada," imbuhnya.

Sementara itu, pencopotan gelar kerajaan akan mulai berlaku pada musim semi 2020, atau sekitar Maret-April tahun ini. Namun perlu dicatat, meski kehilangan gelar kerajaannya, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tetap dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex. Harry juga masih berada di urutan keenam pewaris takhta Kerajaan Inggris.

Pangeran Harry dan Meghan Markle juga masih tetap bisa menjalin relasi dan membangun kerjasama dengan kegiatan sosial yang selama ini mereka naungi.

You can share this post!

Related Posts