Cocok Buat Pacu Adrenalin! Ini 8 Wisata Arung Jeram yang Asyik dan Miliki Pemandangan Indah di Jawa
Travel

Arung jeram bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berlibur. Bagi kamu yang kebingungan mencari lokasi arung jeram yang asyik di Pulau Jawa, sebaiknya simak beberapa rekomendasi yang tim WowKeren rangkum berikut ini.

WowKeren - Arung jeram jadi satu dari sekian banyak wisata air menantang yang digandrungi banyak orang. Karena selain menghadirkan pengalaman seru dan asyik, arung jeram juga bisa membantu menjalin keakraban. Setiap orang yang berada dalam satu perahu harus saling bahu-membahu agar perahunya tetap berjalan dan tidak sampai terbalik.

Apa kamu ingin menghabiskan waktu libur dengan melakukan arung jeram tapi bingung mau kemana? Maka tidak ada salahnya untuk menyimak informasi berikut ini, sebab tim WowKeren akan menghadirkan beberapa rekomendasi wisata arung jeram yang menarik di Pulau Jawa.

(wk/eval)

1. Melakukan Arung Jeram di Situ Cileunca Bandung Bisa Jadi Pilihan yang Tepat


Melakukan Arung Jeram di Situ Cileunca Bandung Bisa Jadi Pilihan yang Tepat

Bagi kamu yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya atau sedang berlibur ke sana, tidak ada salahnya untuk melakukan arung jeram di Situ Cileunca. Lokasinya sendiri terletak di Jl. Situ Cileunca, Kampung Cibeunying, Desa Wanasari, Pangalengan, Bandung.

Kawasan sungai ini menyediakan wisata arung jeram yang menarik perhatian dengan tingkat kesulitan kelas 3-4. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa, wisatawan juga akan menyusuri derasnya sungai dengan arus yang stabil. Dengan begitu kamu bisa bermain arung jeram dengan seru dan dijamin bisa bikin ketagihan. Jika kamu belum pernah bermain arung jeram tidak perlu khawatir, sebab kamu akan dibantu oleh seluruh petugas yang sudah terlatih dan berpengalaman.

2. Bermain Arung Jeram di Sungai Elo Magelang Bisa Memberikan Pengalaman yang Seru Loh


Bermain Arung Jeram di Sungai Elo Magelang Bisa Memberikan Pengalaman yang Seru Loh

Sungai berikutnya yang asyik dibuat bermain arung jeram adalah Sungai Elo yang terletak di Desa Pare, Blondo Mungkid, Magelang. Dengan panjang sungai mencapai 12 kilometer, kamu akan membutuhkan waktu pengarungan kurang lebih 2,5 sampai 3 jam. Sungai ini memiliki tingkat kesulitan kelas 1-3 yang berarti aman untuk pemula, termasuk anak-anak di atas delapan tahun dan pengunjung yang tidak bisa berenang.

Debit air di sungai ini cukup stabil sehingga lokasi ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan dalam melakukan arung jeram. Dan selama mengarungi sungai, kamu akan disuguhi dengan panorama alam yang indah. Menariknya lagi, lokasi Sungai Elo berdekatan dengan objek wisata Candi Mendut dan Candi Borobudur, sehingga kamu bisa mengunjungi lokasi tersebut setelah atau sebelum bermain arung jeram.

3. Sungai Citarik di Sukabumi Juga Bisa Dijadikan Lokasi yang Asyik Untuk Arung Jeram


Sungai Citarik di Sukabumi Juga Bisa Dijadikan Lokasi yang Asyik Untuk Arung Jeram

Dari Jawa Tengah kita beralih ke Jawa Barat. Ada lokasi menarik untuk arung jeram di Jawa Barat yakni Sungai Citarik yang terletak di Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi, provinsi Jawa Barat. Sungai ini sendiri lumayan terkenal di kalangan pecinta arung jeram karena memiliki debit air yang stabil.

Sungai Citarik memiliki tingkat kesulitan arung jeram kelas 3-4, sehingga sangat cocok untuk pemula yang belum pernah melakukan arung jeram. Selain itu, sungai ini juga menawarkan pemandangan air terjun yang indah serta hutan di sisi kiri dan kanannya. Menariknya lagi kamu juga bisa bertemu dengan satwa-satwa liar hutan seperti biawak.

4. Bosamba Rafting Bondowoso, Wisata Arung Jeram Menarik yang Bisa Hadirkan Pengalaman Tak Terlupakan


Bosamba Rafting Bondowoso, Wisata Arung Jeram Menarik yang Bisa Hadirkan Pengalaman Tak Terlupakan

Di Jawa Timur ada beberapa wisata arung jeram yang menarik, salah satunya adalah Bosamba Rafting Bondowoso yang terletak di Desa Tamankrocok, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso. Dengan panjang kurang lebih 14 kilometer, kamu akan menempuh waktu sekitar 2 jam selama melakukan arung jeram di lokasi ini.

Selama waktu itu kamu akan melintasi 5 desa dengan jumlah 27 jeram besar dan kecil serta 3 air terjun dan goa kelelawar. Selain itu kamu juga akan menjumpai tebing-tebing tinggi dengan pemandangan yang indah. Bahkan keseruan bermain arung jeram di lokasi ini disebut-sebut tak kalah indah dengan di Sungai Amazon yang terkenal. Bagaimana, tertarik mencobanya?

5. Dapatkan Pengalaman Bermain Arung Jeram yang Seru di Songa Rafting Probolinggo


Dapatkan Pengalaman Bermain Arung Jeram yang Seru di Songa Rafting Probolinggo

Masih di Jawa Timur, lokasi lain yang bisa kamu tuju untuk bermain arung jeram adalah Songa Rafting Probolinggo. Lokasi tepatnya terletak di sungai Pekalen, Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Sungai di lokasi ini berasal dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan yang memiliki lebar sekitar 5-20 meter dengan kedalaman antara 1-3 meter.

Di Songa Rafting Probolinggo ada tiga spot yang bisa kamu nikmati, yakni Sungai Pekalen Atas, Tengah dan Bawah. Saat melakukan arung jeram kamu akan menemukan pemandangan alam yang indah dengan air terjun dan bebatuan besar yang bisa menyejukkan pandangan.

6. Rasakan Serunya Bermain Arung Jeram di Sungai Progo Magelang


Rasakan Serunya Bermain Arung Jeram di Sungai Progo Magelang

Spot berikutnya yang bisa kamu datangi untuk bermain arung jeram adalah Sungai Progo yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di sungai ini, kamu bisa memilih tingkat kesulitan dari rendah sampai tinggi yang kesemuanya menyuguhkan pemandangan indah.

Saat mengarungi Sungai Progo, kamu akan menempuh jarak sepanjang 9 kilometer yang bisa menghabiskan waktu selama 1,5 hingga 2 jam. Dalam pengarungan itu sesekali kamu akan melihat riakan-riakan air yang tentunya bisa mengguncang adrenalinmu.

7. Sungai Cisadane di Bogor Juga Bisa Memberikan Sensasi Bermain Arung Jeram yang Asyik


Sungai Cisadane di Bogor Juga Bisa Memberikan Sensasi Bermain Arung Jeram yang Asyik

Sungai Cisadane yang terletak di Bogor dikenal dengan mata air yang berasal dari area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Di Sungai Cisadane terdapat 4-5 jeram yang siap memacu adrenalinmu.

Tingkat kesulitan yang ada di sungai ini pun cukup bervariasi. Mulai dari kelas 2-4 dengan panjang pengarungan sejauh 13 kilometer dan waktu tempuh selama 2,5 hingga 3 jam perjalanan. Selama mengarungi sungai ini kamu akan menemukan pemandangan perkebunan dan bukit-bukit yang hijau. Selain itu pohon bambu yang rimbun juga akan kamu temui di sepanjang perjalanan.

8. Kasembon Rafting Malang, Lokasi Arung Jeram di Jawa yang Bakal Hadirkan Pengalaman Super Seru


Kasembon Rafting Malang, Lokasi Arung Jeram di Jawa yang Bakal Hadirkan Pengalaman Super Seru

Lokasi arung jeram berikutnya yang bisa kamu datangi adalah Kasembon Rafting Malang. Lokasi tepatnya berada di Desa Bayem, Kecamatan Kasembon yang berjarak 65 kilometer dari kota Malang. Tempat yang diresmikan pada tahun 2006 ini memiliki 5 kanal dengan ketinggian antara 2-3 meter serta tingkat kesulitan antara kelas 2-3. Di lokasi ini juga terdapat sekitar 8 jeram dengan ketinggian mencapai 4 meter.

Demikian delapan wisata arung jeram di Jawa yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips sebelum melakukan arung jeram agar tidak sampai cedera. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa tempat wisata yang bisa memacu adrenalin karena ketinggiannya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait