Panglima TNI Siapkan Baju Astronot Demi Evakuasi WNI di Wuhan
Nasional

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut apabila semua persiapan telah selesai, pihaknya hanya tinggal menunggu perintah dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu).

WowKeren - Pihak TNI telah bersiap-siap untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang kini masih berada di Wuhan, Tiongkok. Langkah ini berkaitan dengan mewabahnya virus Corona yang pertama kali ditemukan di Wuhan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengaku telah menyiapkan sejumlah logistik dan peralatan untuk evakuasi tersebut. Salah satunya adalah baju astronot alias hazmat suit untuk menjaga kesterilan petugas.

"TNI bersama Diskes angkatan menyiapkan peralatan apa saja yang harus dibawa, termasuk baju astronot yang putih-putih (hazmat suit) itu," tutur Hadi di Gedung DPR pada Kamis (30/1). "Termasuk juga ruang isolasi itu, saya juga minta, termasuk juga untuk memonitor panas tubuh mereka. Kami juga menyiagakan pesawat dan juga tenaga medis."

Lebih lanjut, setelah semua persiapan selesai Hadi menyebut pihaknya hanya tinggal menunggu perintah dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu). "Ya nanti kami tunggu perintah dari Menlu. Ya kan ini leading sector-nya kan Menlu, kami yang penting siap kapan Bu Menlu minta bantuan, kita siap," tegas Hadi.


Sementara itu, Kementerian Kesehatan telah membocorkan 2 skenario evakuasi WNI di Wuhan. Skenario tersebut diusulkan oleh Kemlu.

Skenario pertama adalah pemerintah akan menjemput WNI secara langsung dari Hubei dengan menggunakan pesawat. Namun hal tersebut dilakukan dengan catatan jika provinsi tersebut tidak berstatus lockout atau tidak lagi diisolasi.

Sedangkan skenario kedua adalah terkait apakah pemerintah Hubei masih menyatakan status isolasi atau lockdown. Jika masih diisolasi, maka pihak Indonesia akan menjemput WNI dengan cara dibawa keluar dari Hubei kemudian akan dijemput di wilayah yang berbeda.

Skenario penjemputan tidak hanya sampai disitu. Nantinya, jika WNI tersebut sudah tiba di Indonesia masih akan dilakukan beberapa tahapan lagi demi mencegah penyebaran virus Corona di Tanah Air.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait