Gus Sholah Wafat, Jokowi Hingga Khofifah Turut Berduka Cita
Nasional

Dr. Ir. H. Salahuddin Wahid atau yang kerap dipanggil Gus Sholah tutup usia pada Minggu (2/2). Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun turut menyampaikan belasungkawa melalui akun Twitter pribadinya.

WowKeren - Berita duka datang dari Dr. Ir. H. Salahuddin Wahid atau yang kerap dipanggil Gus Sholah. Adik dari Presiden ke-4 RI Gus Dur ini tutup usia pada Minggu (2/2).

Wafatnya pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng ini lantas menuai ungkapan bela sungkawa dari berbagai tokoh negara. Seperti Presiden Joko Widodo.

Doa dan ucapan belasungkawa Jokowi ini dilontarkan melalui akun Twitter pribadinya. "Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Baru saja mendengar kabar duka, Bapak Kiai Salahuddin Wahid telah berpulang ke Rahmatullah," demikian kicauan Jokowi lewat akun Twitter-nya.

"Semoga segala amal ibadah Gus Sholah mendapat ganjaran yang berlimpah dari Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan kesabaran. Amin," sambungnya. Pada postingan tersebut, Jokowi tak lupa menyematkan fotonya saat bersama dengan sosok almarhum.


Sebelumnya, kabar meninggalnya Gus Sholah telah disampaikan oleh sang putra, Irfan As'ari Sudirman Wahid atau Ipang Wahid melalui akun Twitternya. "Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu," cuit Ipang Wahid.

Jenazah Gus Sholah sendiri rencananya bakal dikebumikan di pemakaman keluarga yang berada di lingkungan Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Ipang menyatakan Gus Solah bakal dimakamkan di sebelah kuburan sang kakak, mendiang Gus Dur.

Mendengar kabar duka tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun turut mengucapkan belasungkawanya. "Semoga Allah SWT menempatkan beliau di tempat terbaik di sisi-Nya, menerima semua amal ibadahnya, mengampuni seluruh khilaf dan memberikan ketabahan dan keikhlasan bagi keluarga besar Gus Solah," kata Khofifah, di Surabaya, Minggu (2/2).

Lebih lanjut, Khofifah mengenang sosok Gus Sholah sebagai salah satu tokoh terbaik bangsa. "Gus Solah adalah salah satu putra terbaik bangsa. Boleh dibilang beliau adalah paket lengkap dari seorang negarawan," terangnya. "Beliau adalah guru, aktivis, ulama, cendekia, sekaligus tokoh hak asasi manusia di Indonesia. Insyaallah, husnul khotimah."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru