Jangan Sampai Bermasalah, Intip 8 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Bawa Koper Di Pesawat
Travel

Membawa koper bisa jadi boomerang jika kalian bepergian menggunakan pesawat terbang. Tidak sedikit orang yang belum memahami benar ketentuan membawa koper di bagasi kabin.

WowKeren - Membawa koper saat traveling memang bukan hal yang aneh. Namun hal ini bisa jadi boomerang jika kalian bepergian menggunakan pesawat terbang. Saat bepergian dengan pesawat terbang, sebagian orang lebih suka menyimpan kopernya di bagasi kabin untuk alasan kepraktisan.

Menaruh koper di kabin pesawat, berarti bisa menghemat waktu karena tidak perlu check-in bagasi maupun menunggu antrean pengambilan koper saat tiba di tempat tujuan. Risiko kehilangan koper dan barang-barang pun lebih kecil.


Namun tidak sedikit orang yang belum memahami benar ketentuan membawa koper di bagasi kabin. Hal ini membuat kalian seringkali melihat tumpukan barang-barang di pintu pemeriksaan karena tidak diperbolehkan masuk kabin pesawat.

Ada pula yang terpaksa memakan waktu lama di pintu pemeriksaan karena kelebihan muatan atau membawa barang terlarang. Nah jika kalian berencana bepergian menggunakan pesawat dan membawa koper, ada baiknya melihat beberapa hal yang perlu diperhatikan berikut. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Pertama-tama Pahami Dulu Kebijakan Ukuran Koper Maskapai


Pertama-tama Pahami Dulu Kebijakan Ukuran Koper Maskapai

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah mengerti dengan jelas peraturan tentang bagasi. Kalian harus memperhatikan berapa berat maksimal untuk seorang penumpang membawa bagasi. Jika bagasi kalian terlalu banyak, cari tahu berapa biaya yang dibebankan.

Transportation Security Administration (TSA) menetapkan, barang yang boleh dibawa ke bagasi kabin adalah koper kecil. Setiap penumpang diperbolehkan membawa satu koper kecil bersama satu benda pribadi seperti laptop, tas, tas ransel, tas kantor atau tas kamera. Ukuran koper haruslah muat untuk dimasukkan ke dalam bagasi kabin. Sementara selebihnya harus masuk bagasi pesawat meskipun beratnya tidak mencapai 7 kg.

2. Jangan Lupa Pilih maskapai Dengan Biaya Bagasi Lebih Murah


Jangan Lupa Pilih maskapai Dengan Biaya Bagasi Lebih Murah

Tips satu ini bisa kalian gunakan untuk menghemat biaya mahal untuk bagasi kalian. Beberapa maskapai membebankan biaya bagasi untuk penumpangnya dari berat koper yang dibawa, jika sampai overweight.

Untuk menyiasatinya, kalian harus pilih maskapai yang memberikan harga bagasi lebih murah. Jangan lupa menghitung beban tas kalian ya. Hal ini supaya kalian tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk koper kalian.

3. Perhatikan Juga Benda-benda Yang Dilarang Dibawa Dalam Koper


Perhatikan Juga Benda-benda Yang Dilarang Dibawa Dalam Koper

Ada benda-benda sudah ditetapkan TSA yang tidak diperbolehkan masuk ke kabin pesawat. Diantaranya barang-barang yang mudah bocor, basah atau berbau tajam, mudah pecah atau meletus karena tekanan, hingga mudah terbakar atau meledak akibat gesekan, panas, dan elektro-statik.

Jadi sebelum memutuskan untuk membawa koper ke bagasi kabin yakinkan agar tidak membawa barang-barang yang rentan tadi ke dalam koper. Setiap penumpang diizinkan membawa tidak lebih dari 100 ml cairan termasuk aerosol, gel, krim dan pasta. Makeup dan makanan kecil juga masih diperbolehkan masuk kabin pesawat.

4. Pastikan Keamanan Koper Terjaga Agar Terhindar Dari Tindak Pencurian


Pastikan Keamanan Koper Terjaga Agar Terhindar Dari Tindak Pencurian

Carilah koper yang bagus dan kunci koper kalian dengan tepat. Sebelum tiba di bandara, pastikan koper Anda sudah terkunci dan periksa kembali. Hal ini untuk mencegah barang dalam koper Anda aman dari tangan-tangan usil. Tak ada salahnya juga untuk memberikan pengaman ekstra dengan plastik wrap.

Di dalam bandara tersedia fasilitas untuk wrapping koper atau membungkus koper dengan plastik yang kencang. Layanan ini dapat menghindari perusakan koper kalian dari pembukaan paksa. Biasanya, kalian akan dikenakan biaya Rp 25 ribu untuk membayar wrapping.

5. Pisahkan Barang Berharga Kalian Dari Dalam Koper Yang Dibawa


Pisahkan Barang Berharga Kalian Dari Dalam Koper Yang Dibawa

Hal yang tak kalah penting adalah memisahkan barang berharga di dalam koper. Laptop, uang, kamera, gadget dan ponsel sebaiknya kalian simpan di ransel yang akan dibawa ke kabin.

Jangan menaruh barang berharga kalian tersebut ke dalam koper yang dimasukan ke dalam bagasi. Hal ini untuk meminimalisir risiko kehilangan kalau koper kalian dibobol. Hal ini juga untuk meminimalisir kerusakan barang akibat benturan koper lain di bagasi.

6. Jangan Lupa Tulis Identitas Diri Kalian Di Koper Agar Tidak Hilang Ya


Jangan Lupa Tulis Identitas Diri Kalian Di Koper Agar Tidak Hilang Ya

Banyak traveler menggangap menulis identitas diri di koper adalah hal yang sepele. Padahal, identitas diri di koper kalian akan menjadi penyelamat. Dengan menulis nama, nomor telepon, dan alamat, akan memudahkan petugas maskapai untuk mengembalikan barang kalian jika tertinggal.

Selain itu, menuliskan identitas yang jelas juga mengurangi kemungkinan koper kalian tertukar dengan koper penumpang lainnya. Jangan sampai koper kalian yang berisi barang berharga terbawa oleh penumpang lain ya.

7. Pahami Etika Meletakkan Dan Mengambil Koper Di Kabin


Pahami Etika Meletakkan Dan Mengambil Koper Di Kabin

Meletakkan tas atau koper di bagasi kabin sepertinya hal yang sepele ya. Tetapi dengan kita meletakkannya baik dan rapi, akan memberikan ruang lebih untuk diisi beberapa tas dan koper penumpang lainnya. Meletakan koper atau tas sembarangan, selain memakan ruang juga bisa merepotkan saat pengambilan.

Cara mengambil tas atau koper sering dianggap juga sebagai hal yang sepele. Tidak jarang terjadi kejadian tas atau koper terjatuh dan menimpa kepala penumpang lain, hanya karena cara mengambil tas atau koper dari bagasi kabin yang sembarangan. Selain itu, jika tidak memperhatikan, seringkali tas kalian mengait hingga mengakibatkan tas atau barang di sebelah koper jadi sobek atau rusak.

8. Langsung Lapor Ke Maskapai Jika Mengalami Masalah Terhadap Koper


Langsung Lapor Ke Maskapai Jika Mengalami Masalah Terhadap Koper

Jika terjadi pembobolan, koper hilang, atau tidak terangkut pesawat, jangan menunda untuk melaporkan ke pihak maskapai. Jangan mengeluh apalagi marah-marah tidak jelas karena tentu tidak ada jalan keluarnya.

Segera cari kantor maskapai yang kalian tumpangi di bandara, ketika mengetahui koper Anda telah hilang atau rusak. Setelah melaporkan, update terus perkembangannya. Terus tanyakan dan pastikan apa yang sebenarnya terjadi pada koper kalian.

Intip juga yuk hal yang perlu kalian ketahui sebelum memilih tempat duduk di pesawat agar perjalanan kalia nyaman di sini. Simak juga beberapa tips traveling aman naik pesawat saat hamil lewat artikel ini.

You can share this post!

Related Posts