Prabowo Beri Potongan Tumpeng ke Anies-Sandi, Jadi Tiket Pilpres 2024?
Nasional

Momen Prabowo Subianto memberikan potongan tumpeng kepada Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam perayaan HUT Gerindra ke-12 dianalisis oleh pengamat politik Rico Marbun.

WowKeren - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Partai Gerindra pada Kamis (6/2) hari ini tidak hanya dihadiri oleh para kader saja. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga terpantau hadir mendampingi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Salah satu momen menarik dalam HUT Gerindra ini adalah pemotongan tumpeng. Diketahui, Prabowo memberikan potongan tumpeng tersebut kepada Anies dan juga Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno.


Momen ini lantas dianalisis oleh pengamat politik Rico Marbun. Apakah hal ini bisa menjadi sinyal kuat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024?

"Acara HUT Gerindra ini sebenarnya merupakan simbol tiga orang kuat yang menurut Gerindra layak diperhitungkan untuk Pilpres 2024," tutur Rico dilansir detikcom. "Anies Baswedan, Sandiaga Uno, dan bukan mustahil Prabowo sendiri."

Sikap Prabowo yang memberikan potongan tumpeng kepada Anies dinilai sebagai upaya Gerindra "mengakuisisi" sang Gubernur DKI. "Pesan pertama, Prabowo ingin memberi kesan akuisisi Anies Baswedan dari kubu NasDem yang mungkin menjadi partai pertama pascapilpres 2019 yang melontarkan sinyal dukungan terbuka terhadap Anies, apalagi dengan kata-kata, 'dalam hati sebenarnya Anies adalah kader'," ujar Rico.

Menurut Rico, Prabowo ingin menegaskan bahwa Anies tak bisa diklaim oleh satu partai saja. Rico juga menilai bahwa pernyataan Prabowo mengandung pesan bahwa kandidat-kandidat terkuat Pilpres 2024 ada di Gerindra.

"Artinya, minimal NasDem tidak bisa mengklaim Anies sendirian, atau paling jelek dalam posisi netral partai," jelas Rico. "Pesan kedua, Gerindra ingin menunjukkan bahwa Gerindra-lah yang memiliki kumpulan calon-calon presiden terkuat untuk 2024 dengan berkumpulnya Anies dan Sandi."

Lebih lanjut, Rico menangkap pesan lain dari Prabowo. Pesan tersebut adalah Prabowo menyatakan dirinya sebagai pemegang kunci tiket Pilpres 2024.

"Dan pesan ketiga, yang penting 2 tokoh itu, Anies dan Sandi dapat potongan kue dari Prabowo," kata Rico. "Artinya, di 2024, Prabowo tetap jadi key maker penting, karena dialah yang pegang tiket partai."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts