Terungkap Fakta Baru Soal Trainee di Persaingan Kasus Manipulasi Voting Seri 'Produce'
Naver
TV
Manipulasi Voting Seri Produce

PD Ahn Joon Young mengklaim manipulasi voting dilakukan demi membantu trainee dan punya niatan jujur. Ia menyangkal tuduhan menerima suap ilegal dari berbagai agensi.

WowKeren - Pada Jumat (7/2), kuasa hukum PD Ahn Joon Young, CP Kim Yong Bum dan terdakwa lain menghadiri sidang lanjutan di Kantor Pengadilan Distrik Pusat Seoul sehubungan dengan kasus manipulasi voting seri "Produce".

Kuasa hukum PD Ahn Joon Young dan CP Kim Yong Bum kali ini membongkar fakta kalau ada trainee di peringkat teratas yang sebenarnya tidak ingin debut. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan PD Ahn Joon Young akhirnya melakukan manipulasi peringkat.


"Selama seri 'Produce', terdakwa membenarkan baik secara langsung maupun tidak langsung bahwa beberapa trainee berpangkat tinggi tidak ingin dimasukkan dalam tim debut," ungkap kuasa hukum.

"Saat berdebat dalam hal ini, terdakwa memilih untuk menghilangkan trainee ini dari peringkat atas, alih-alih menaikkan peringkat trainee di bawah mereka. Peringkat tersebut tidak dimanipulasi hanya untuk keuntungan pribadi atau keserakahan. Manipulasi peringkat juga tidak ada hubungannya dengan tuduhan suap ilegal yang juga dihadapi terdakwa saat ini," lanjut kuasa hukum.

Perwakilan hukum Ahn Joon Young kemudian menyangkal tuduhan sang PD menerima suap ilegal dari berbagai agensi. "Memang benar bahwa terdakwa melanggar undang-undang yang mencegah warga dari menerima makanan atau minuman yang terlalu mahal yang dibayar oleh orang lain," tutur kuasa hukum.

"Dia memang menerima makanan dan alkohol yang dibayar oleh orang lain, tetapi itu bukan penerimaan suap," sambung kuasa hukum. Perwakilan hukum lain yang berbicara atas nama mantan karyawan agensi trainee juga menyatakan bahwa pertemuan minum alkohol itu hanya untuk berkenalan, bukan untuk penyuapan.

Namun, pihak penuntut mengklaim bahwa argumen terdakwa mengenai dakwaan suap membutuhkan bukti yang lebih definitif. Lalu penuntut juga meragukan klaim terdakwa yang menyebut melakukan manipulasi demi membantu trainee.

"Terdakwa berpendapat bahwa peringkat tersebut dimanipulasi untuk alasan murni, seperti membantu trainee yang lebih berbakat dalam debut, tetapi ketika mempertimbangkan jumlah keuntungan bisnis yang diperoleh CJ ENM melalui seri ini, kami tidak dapat menerima bahwa manipulasi hanya dilakukan melalui niat jujur," tolak penuntut.

(wk/amal)

You can share this post!

Related Posts