Heboh Isu Jebak Pekerja Seks, Tagar #PolisikanAndreRosiade Jadi Trending Topic
Nasional

Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) menilai bahwa perkara pekerja seks komersial (PSK) online yang digerebek oleh Andre Rosiade tersebut tidak dapat dilanjutkan prosesnya.

WowKeren - Penggerebekan pekerja seks komersial (PSK) online yang melibatkan politisi Gerindra Andre Rosiade kini tengah ramai diperbincangkan. Penggerebekan tersebut diisukan dilakukan atas dasar penjebakan.

Menanggapi isu penjebakan tersebut, Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) pun angkat bicara. "Metode penyelidikan atau penyidikan dengan menggunakan teknik penjebakan merupakan salah satu teknik yang oleh MA (Mahkamah Agung) telah disebutkan bertentangan dengan hukum acara pidana," tutur Direktur ICJR, Anggara, dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (6/2).

ICJR sendiri menilai bahwa penyelidikan atau penyidikan yang dilakukan dengan penjebakan bukanlah teknik yang dapat dilakukan oleh aparat penegak hukum. Pasalnya, teknik penjebakan dinilai rentan terhadap rekayasa. "Perbuatan pidana tidak akan terjadi apabila tidak ada kondisi yang secara sengaja diciptakan yang merupakan esensi dari penjebakan itu sendiri," ujar Anggara.

Menurut ICJR, perkara prostitusi online yang digerebek Andre tersebut tidak dapat dilanjutkan prosesnya. Polda Sumatera Barat lantas didorong ICJR untuk berhati-hati dalam memproses kasus tersebut, serta tak mengulang metode serupa di kemudian hari. "ICJR mendorong Polda Sumbar tidak melanjutkan kasus ke tingkat penyidikan," kata Anggara.


Sementara itu, isu ini juga menjadi bahasan panas di media sosial. Tagar #PolisikanAndreRosiade bahkan menjadi trending topic Twitter Indonesia pada Jumat (7/2) sore.

Andre Rosiade

Twitter

Banyak warganet yang mendorong agar Partai Gerindra segera menangani kasus yang menyeret Andre ini. Warganet juga ada yang menilai bahwa penggerebekan tersebut dilakukan demi kepentingan politik.

"Jleb banget !! Arief Poyuono menilai aksi penggerebekan yang dilakukan Andre Rosiade terhadap PSK berinisial NN di Kota memalukan nama partainya," cuit akun @jr_kw19. "Harusnya Menyadarkan, Bukan Ikut Menjebak #PolisikanAndreRosiade."

"Dorong Mahkamah Kehormatan Dewan Jangan Ompong, Periksa Andre Rosiade karena permalukan perempuan untuk kepentingan politik," timpal akun @arjuno_ireng01. "Kalau bisa jemput bola jgn cuma wacana dan wacana. #PolisikanAndreRosiade."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel