Warga Kanada Ogah Terima Pangeran Harry dan Meghan Markle, Tolak Biayai Ongkos Keamanan
Selebriti

Sebuah survei menunjukkan sebagian besar masyarakat Kanada merasa negara mereka tidak berkewajiban untuk membayar jasa keamanan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

WowKeren - Ratu Elizabeth II telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait pencopotan gelar Pangeran Harry dan Meghan Markle. Dalam pengumuman yang dibagikan pada 18 Januari tersebut, sang Ratu mengklaim bahwa ia merestui keputusan Harry dan Meghan yang ingin melanjutkan hidup mereka secara mandiri dan lepas dari Kerajaan.

Harry dan Meghan juga diizinkan untuk tinggal paruh waktu di Inggris dan Kanada. Namun sebagai konsekuensinya, Harry dan Meghan harus melepas gelar HRH (His/Her Royal Highness) alias Yang Mulia.

Bukan cuma itu saja, dalam pengumuman ini Harry dan Meghan juga dipastikan akan mundur dari tugas-tugas kerajaan sepenuhnya, termasuk yang berkaitan dengan kegiatan kemiliteran. Pendanaan dari uang publik untuk keduanya pun dihentikan, yang berarti mereka tak lagi mendapatkan Sovereign Grant alias tunjangan dari pajak rakyat Inggris.

Terkait hal ini, rupanya kekhawatiran menyelimuti anggota Federasi Wajib Pajak Kanada, setelah mereka mengetahui bahwa pasangan Sussex mulai tinggal di Vancouver. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan oleh Kanada untuk pengamanan keluarga Pangeran Harry bisa mencapai angka Rp90 miliar per tahun.


Sebuah survei menunjukkan sebagian besar masyarakat Kanada merasa negara mereka tidak berkewajiban untuk membayar jasa keamanan Harry-Meghan Markle yang bakal menetap di British Columbia.

Survei tersebut dilakukan oleh Nanos Research untuk CTV dan menunjukkan sebanyak 77 persen responden di Kanada percaya para pembayar pajak tidak harus membayar pelayanan keamanan Harry-Meghan karena pasangan Sussex itu berada di Kanada bukan sebagai perwakilan Ratu Elizabeth II.

Dari hasil riset itu, hanya 19 persen warga Kanada yang tidak keberatan berbagi biaya jasa keamanan untuk Harry-Meghan Markle. AFP melaporkan belum ada pengumuman resmi apa pun terkait permintaan jasa keamanan tersebut, atau siapa yang akan bertanggung jawab atas pembayaran itu kini setelah keduanya mundur dari keanggotaan senior keluarga Kerajaan Inggris.

Sementara itu, pencopotan gelar kerajaan akan mulai berlaku pada musim semi 2020, atau sekitar Maret-April tahun ini. Namun perlu dicatat, meski kehilangan gelar kerajaannya, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tetap dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex. Harry juga masih berada di urutan keenam pewaris takhta Kerajaan Inggris.

Pangeran Harry dan Meghan Markle juga masih tetap bisa menjalin relasi dan membangun kerjasama dengan kegiatan sosial yang selama ini mereka naungi.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru