'Kulonuwun' ke Megawati, Prabowo Ingin Buat Patung Bung Karno Naik Kuda
Nasional

Rencana itu disampaikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo kala menghadiri peresmian patung Soekarno oleh Megawati di Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2).

WowKeren - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berencana membuat patung Presiden pertama RI Ir Soekarno yang tengah menunggangi kuda. Ia ingin agar rencana itu bisa direalisasikan secepatnya.

"Saya juga sampaikan, Kementerian Pertahanan juga punya rencana membikin patung Bung Karno tetapi di atas kuda," kata Prabowo dilansir Antara, Sabtu (8/2). "Secepatnya dibuat patungnya."

Kala itu, Soekarno memang dulu memimpin sambil naik kuda. Peristiwa tersebut terjadi ketika TNI merayakan ulang tahunnya yang pertama. Prabowo yang merupakan seorang purnawirawan TNI AD menilai momen-momen semacam itu perlu diabaikan dalam bentuk patung.


"Ini penting. Karena ulang tahun angkatan perang pertama, berarti ulang tahun TNI yang pertama," ujar Prabowo. "Itu Presiden Soekarno sebagai Panglima Tertinggi inspeksi pasukan. Menjadi irup (inspektur upacara) di atas kuda."

Ketua Umum Partai Gerindra tersebut ingin agar fakta sejarah semacam itu bisa membekas di ingatan para generasi penerus, meskipun momen itu sudah tertulis dalam karya sejarah. "Jadi, ini fakta sejarah yang ingin kita abadikan untuk generasi penerus," kata mantan Danjen Kopassus ini.

Rencana tersebut dikemukakan oleh Prabowo kala menghadiri peresmian patung Soekarno oleh Megawati di Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2). Terkait rencananya ini, Prabowo juga sudah meminta izin ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Ya, nanti Kemhan akan punya patung Bung Karno di atas kuda. Izin Bu. Ada sejarah Bu," kata Prabowo.

Megawati pun membenarkan jika dulu ayahnya pernah memimpin pasukan sambil menunggang kuda. "Iya betul," ucap Megawati sambil tersenyum.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru