Najwa Shihab Sering Diledek 'Onta' Semasa Kecil: Aku Tak Pernah Anggap Itu Celaan
Selebriti

Najwa Shihab mengaku sering diledek dengan sebutan 'onta' saat masih kecil. Meski demikian, ia menegaskan tidak pernah menganggap hal tersebut sebagai celaan.

WowKeren - Najwa Shihab baru-baru ini melakukan pertemuan dan berbincang-bincang dengan Agnes Monica. Keduanya membahas banyak hal positif termasuk kasus Agnes soal nasionalisme dan darah Indonesia yang belum lama ini menghebohkan publik.

Seperti yang diketahui, Agnes sempat mengatakan jika dirinya tidak memiliki darah Indonesia saat melakukan wawancara dengan sebuah media asing. Sontak, hal tersebut memicu sejumlah kemarahan dari masyarakat Indonesia yang menilai jika Agnes tidak memiliki rasa nasionalisme.

Kini, Najwa kembali membahas persoalan tersebut. Ia lantas menjelaskan tentang permasalahan darah tersebut dengan berkaca pada kehidupan pribadinya. Presenter "Mata Najwa" ini memang dikenal memiliki keturunan Arab.

Hal tersebut juga terlihat jelas dari wajah Najwa yang memiliki kecantikan khas ala wanita Timur Tengah. Namun, rupanya ia memberikan pengakuan mengejutkan setelah sempat menjalani tes DNA beberapa waktu lalu.

Najwa mengaku dari hasil tes DNA, ia memiliki 10 garis keturunan nenek moyang. Semakin mengejutkan, darah dalam tubuhnya justru lebih banyak dari gen Tiongkok ketimbang gen Arab yang selama ini selalu melekat pada dirinya.


"Aku tes DNA belum lama ini, sebelum yang rame-rame Agnes itu. Dan hasil DNA-nya menunjukkan ada 10 garis keturunan nenek moyang," ungkap Najwa seperti dikutip dari channel YouTube Catatan Najwa, Jumat (7/2). "Bahkan katanya gen Arab-nya itu sedikit, lebih banyak gen Tiongkok-nya."

Putri Quraish Shihab kemudian menceritakan salah satu pengalamannya yang kurang mengenakkan di masa lalu terkait wajah blasterannya. Ia mengaku sering diledek dengan sebutan "onta" oleh teman-temannya lantaran wajahnya yang seperti orang Arab.

Walau begitu, Najwa mengaku tidak pernah merasa sakit hati dengan hinaan teman-temannya. Menurutnya, zaman waktu dirinya kecil hal tersebut sering dianggap wajar dan tidak pernah dikaitkan dengan isu yang sangat sensitif layaknya persoalan ras seperti sekarang ini.

"Lalu itu membuatku ingat, dulu waktu kecil tuh dulu aku sering diledekin onta, tapi aku tak pernah menganggapnya sebagai celaan sih," cerita Najwa. "Tapi zaman dulu celaan-celaan itu kayaknya nggak pernah jadi sangat sensitif. Maksudnya kalau sekarang itu beda kalau orang ngait-ngaitin ras dan sebagainya."

Oleh sebab itu, Najwa merasa jika pernyataan Agnes yang sempat kontroversial tersebut tidak serta merta menjadikannya tidak mencintai Tanah Air. Ia berkaca pada dirinya yang mesti memiliki darah Arab dan Tiongkok, dirinya tetap merasa orang Indonesia. Baginya, menjadi Indonesia memiliki makna yang lebih besar daripada semua label yang selama ini sering dibanding-bandingkan publik.

"Aku nggak pernah merasa bukan Indonesia. Aku benar-benar percaya jika menjadi Indonesia itu bukan karena garis keturunan, bukan karena mana kita berasal," ujar Najwa. "Menjadi Indonesia itu kalau kita punya niat dan upaya untuk sama-sama menjadikan negeri ini rumah untuk semua."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait