Oscar 2020: Kemenangan 'Parasite' Tuai Komentar Rasis dari Reporter Hollywood, John Legend Nimbrung
Film

Kemenangan film 'Parasite' dalam ajang Academy Awards atau Oscar ke-92 menuai komentar rasis dari salah satu reporter ternama Hollywood. Hal ini bahkan sampai menarik perhatian penyanyi terkenal John Legend.

WowKeren - Ajang penghargaan bergengsi Academy Awards atau Oscar ke-92 telah selesai digelar pada Minggu (9/2) malam waktu setempat atau Senin (10/2) pagi di Indonesia. Dalam ajang ini, film Korea Selatan "Parasite" sukses membawa pulang beberapa piala bergengsi.

Dari total enam nominasi, film yang dibintangi oleh Choi Woo Shik cs ini berhasil memborong empat piala sekaligus. Mulai dari piala untuk kategori Best Original Screenplay, Best International Feature Film, Best Director hingga penghargaan Best Picture.

Kemenangan gemilang "Parasite" ini bahkan berhasil mencetak beberapa sejarah baru. Salah satunya adalah statusnya sebagai film non-bahasa Inggris pertama yang berhasil memenangkan kategori Film Terbaik selama 92 kali penyelenggaraan Oscar.

Kemenangan "Parasite" tentu saja sukses membuat warga Korea merasa bangga. Namun di sisi lain, ada juga orang yang syirik dan memberikan komentar rasis untuk kemenangan film komedi satire ini. Dia adalah Jon Miller, seorang reporter dari BlazeTV Amerika. Simak komentar yang ia utarakan lewat Twitter berikut ini.

"Seorang pria bernama Bong Joon Ho (sutradara 'Parasite') memenangkan #Oscar untuk best original screenplay mengalahkan 'Once Upon a Time in Hollywood' dan '1917'. Pidato kemenangannya adalah: 'GREAT HONOR. THANK YOU' (Kehormatan besar. Terima kasih). Kemudian dia melanjutkan sisa pidatonya dalam bahasa Korea. Orang-orang ini adalah kehancuran dari Amerika," tulisnya di Twitter.


Oscar 2020: Kemenangan \'Parasite\' Tuai Komentar Rasis dari Reporter Hollywood, John Legend Nimbrung

Twitter

Tweet itu langsung memicu kemarahan netizen, baik orang Amerika maupun Korea. Karena tak ingin terus dikritik, Jon Miller kemudian memberikan klarifikasi soal "orang-orang ini" yang dimaksud dalam tweet-nya.

"'Orang-orang ini' jelas bukan orang Korea, tapi orang-orang di Hollywood yang memberikan (penghargaan kepada) film asing yang menyalakan api perang kelas atas 2 film yang ku pikir lebih pantas untuk ditunjukkan betapa bagusnya mereka. Itu sudah jelas, dari sisa apa yang ku tweet tentang produksi malam ini," tulisnya kemudian.

Tweet rasis Jon Miller ini bahkan sampai menarik perhatian penyanyi ternama John Legend. Dia tak segan mengkritik Jon Miller dengan memberikan pertanyaan menohok.

"Apakah mereka membayarmu untuk kebodohan ini atau ini adalah sesuatu yang kamu lakukan untuk bersenang-senang," ujar John Legend.

Sementara itu, "Parasite" merupakan film komedi satire tentang penipu ulung yang berasal dari keluarga kelas bawah. Film ini berpusat pada kehidupan keluarga Ki Taek (Song Kang Ho) yang menyiasati tekanan hidup di Seoul dengan menipu keluarga Tuan Park (Lee Sun Kyun) yang kaya raya.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait