Ahok Bikin Pertamina Transparan Dengan Cara Ini
Instagram/basukibtp
Nasional

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansyah, menilai gebrakan Ahok di Pertamina ini tak jauh berbeda dengan yang pernah ia lakukan kala menjabat sebagai Gubernur DKI.

WowKeren - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kini telah menyandang status sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Salah satu tugas yang diemban oleh Ahok adalah menjamin transparansi bisnis di perusahaan pelat merah tersebut.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut lantas mengungkapkan bahwa Pertamina kini lebih transparan lewat akun Twitter resminya. Melalui akun Twitter @basuki_btp, Ahok menyebut masyarakat kini bisa ikut memantau langsung data impor bahan bakar minyak (BBM) Pertamina.

"Mulai hari ini, akses Informasi operasional PT Pertamina (Persero) terkait pengadaan Crude, LPG dan BBM termasuk status kapal charter sudah dapat diakses melalui website resmi perseroan," cuit Ahok pada Rabu (12/2). Ahok juga melampirkan link situs web pertamina.com dalam cuitannya.

Ahok

Twitter


Gebrakan Ahok ini rupanya tak jauh berbeda dengan yang pernah ia lakukan kala menjabat sebagai Gubernur DKI. "Transparansi yang dilakukan Pak Ahok di Pertamina sekarang sama dengan saat beliau menjabat sebagai Gubernur DKI lalu," tutur pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansyah, dilansir detikcom pada Kamis (13/2).

Menurut Rahardiansyah, gaya transparansi ala Ahok tersebut dikenal dengan pendekatan rational comprehensive. Pendekatan ini mengedepankan rasionalitas, namun juga tetap mengedepankan kepentingan publik. Rahardiansyah menilai pendekatan semacam ini sangat efektif dalam menggiring perusahaan publik seperti Pertamina untuk menjadi lebih baik ke depannya.

"Pak Ahok terlepas dari kekurangannya, tapi dalam hal pengelolaan manajemen pemerintahan dan pengambilan keputusan ini sangat rational comprehensive," terang Rahardiansyah. "Saya meyakini hal itu akan menjadikan organisasi ini sehat, kompetitif dan di mata investor itu akan semakin diminati."

Sementara itu, gebrakan baru Ahok ini juga disambut positif oleh warganet. Mereka mengapresiasi keterbukaan informasi yang dianggap telah menjadi ciri khas Ahok.

"Asyik Pak BTP.. Terimakasih atas kemudahan informasinya," tulis akun @Gh***da. "Mantab.. 'Keterbukaan informasi' khas Pak @basuki_btp. All the best sir," tambah akun @ra***ti. "Great, Pak Ahok. Transparan dan profesional. Semoga dicontoh instansi yang lain. Semoga sukses," timpal akun @w**u.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait