Korea Utara Bersih Dari Corona, WHO Tetap Waspada
Dunia

Korea Utara mengklaim negaranya masih terbebas dari virus corona meski negara tetangganya seperti Korea Selatan dan Jepang terinfeksi. Namun, WHO tetap waspada dan memberikan pasokan medis ke negara tersebut.

WowKeren - Wabah virus corona telah menyebar ke 28 negara di dunia. Meski begitu, beberapa negara rupanya masih belum terjangkit virus yang telah menelan ribuan jiwa ini, seperti Indonesia dan Korea Utara.

Meski Korea Utara (Korut) belum melaporkan kasus terinfeksi virus corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tetap akan mengirim pasokan medis ke negara tersebut.

Dilansir CNN, Jumat (14/2), perwakilan WHO untuk Korut, Edwin Ceniza Salvador, menyatakan sejauh ini belum ada kasus virus corona atau Covid-19 yang dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan Korut. WHO bersama dengan seluruh negara anggotanya (dalam hal ini Korut) akan bekerja sama dalam penanganan virus corona.

"(Korut) Sama seperti negara-negara lainnya, sedang mengambil langkah-langkah untuk melindungi kesehatan rakyatnya," sebut Salvador dalam pernyataannya kepada CNN.


WHO mengirimkan pasokan medis seperti reagen laboratorium dan perlengkapan pelindung seperti kaca mata pelindung, sarung tangan, masker dan pakaian pelindung ke Korut. Pengiriman itu dilakukan untuk memenuhi permintaan Kementerian Kesehatan Publik.

Diketahui, sejak virus corona mewabah di China dan sedikitnya 20 negara lainnya, termasuk Korea Selatan (Korsel) dan Jepang, otoritas Korut selalu melaporkan setiap harinya soal upaya-upaya pencegahan infeksi virus tersebut.

Pada Rabu (12/2) waktu setempat, kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA), melaporkan bahwa otoritas Korut sedang memperluas masa karantina dari 15 hari menjadi 30 hari.

Kekinian, otoritas Korut justru mengklaim jika negara telah berhasil menghindari virus tersebut meski negara tetangganya seperti Tiongkok, Korea Selatan dan Jepang terinfeksi. Namun Korut tidak menjelaskan lebih lanjut bagaimana cara negara itu menghindari virus yang berasal dari kota Wuhan, Provinsi Hubei ini.

Menurut laporan KCNA, Korut menangani wabah virus corona secara serius. Negara ini telah menutup seluruh perbatasannya dari turis asing, yang sebagian besar berasal dari Tiongkok sebagai langkah pencegahan. Hal serupa pernah dilakukan saat wabah Ebola pada 2014 lalu.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait