Pendapat WHO Indonesia Soal RI yang Bebas Dari Virus Corona
Nasional
Wabah Virus Corona

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sempat dibuat heran dengan keadaan Indonesia yang masih bersih dari corona. Representasi dari RI pun mengatakan jika peristiwa ini merupakan hasil dari langkah konkret untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

WowKeren - Penyebaran virus corona diketahui telah menginfeksi 28 negara. Namun, hingga Kamis (13/2), masih belum tercatat kasus positif virus corona yang berasal dari Indonesia.

Hal ini tentunya membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sempat mempertanyakan keadaan tersebut. Sementara itu, WHO Representative Indonesia, Dr N. Paranietharan mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Kesehatan dan sejumlah mitra di Indonesia melakukan pemantauan dan mempersiapkan sistem.

Menurutnya, Indonesia telah mengambil langkah konkret untuk bersiap menghadapi penyebaran virus yang diberi nama COVID-19 ini. “Beberapa kegiatan saat ini sedang berlangsung, dari melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengamatan di pintu masuk di seluruh negeri, memastikan kapasitas laboratorium dan ketersediaan alat tes khusus, hingga melengkapi rumah sakit yang ditunjuk dengan fasilitas yang memadai untuk mengelola orang yang dicurigai dan / atau orang yang terinfeksi,” papar Paranietharan," paparnya.


Paranietharan kemudian mengatakan jika Indonesia saat ini telah memiliki alat tes yang diperlukan untuk melakukan tes khusus mendeteksi infeksi coronavirus dengan cepat. “Seperti dilaporkan oleh Departemen Kesehatan semua sampel yang dikumpulkan dan diuji telah mengembalikan hasil negative pada 12 Februari 2020,” katanya.

Metode PCR, menurutnya adalah metode yang sesuai untuk mendeteksi virus corona. “Laboratorium (Litbangkes) menggunakan metode yang sesuai untuk COVID-19," terangnya. "Mereka mengikuti prosedur operasi standar dalam menguji sampel sesuai pedoman."

Sebelumnya diketahui, badan kesehatan yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu sempat mengkhawatirkan Indonesia yang tidak dapat mendeteksi virus yang telah menelan ribuan jiwa tersebut. "Kami (WHO) khawatir karena Indonesia belum melaporkan satu kasus virus corona yang terkonfirmasi," kata perwakilan WHO untuk Indonesia, Dokter Navaratnasamy Paranietharan di Jakarta.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts