#BroomChallenge Sempat Viral di Sosmed, Bikin NASA Geregetan
SerbaSerbi

Broom Challenge sempat menjadi viral di media sosial beberapa waktu lalu. Sayangnya, hal ini justru membuat NASA tak senang hingga geregetan. Apa alasannya?

WowKeren - Tagar #BroomChallenge sempat viral di media sosial pada 10 Februari lalu. Tagar tersebut membuat warganet berlomba-lomba untuk membuat sapu mereka berdiri seimbang.

Pasalnya, pada tanggal 10 Februari tersebut disebutkan adanya gravitasi yang tidak seperti biasanya maka dari itu sapu bisa berdiri tegak. Tentunya tantangan tersebut tak hanya dilakukan oleh orang biasa, namun juga sejumlah artis dunia.


Cukup banyak warganet yang mempraktekan hal tersebut dan tak sedikit dari mereka yang berhasil menbuat sapu-sapunya berdiri tegak hingga miring tanpa perlu dipegang. Meski begitu, ada pula yang tidak sukses menjalankan tantangan ini.

#BroomChallenge Sempat Viral di Sosmed, Bikin NASA Geregetan

Twitter

Viralnya tantangan ini di dunia maya nampaknya membuat pihak NASA merasa tak senang dan geregatan. Kenapa?

Source: Twitter/owaisxraza

Pasalnya, NASA tak habis pikir dengan alasan adanya "unusual gravity" ini. Mereka pun menyebutkan jika hal ini hanya berita bohong alias hoaks semata. "Ini adalah hoax media sosial lain yang mencontohkan seberapa cepat pseudosains dan klaim palsu bisa menjadi viral," kata NASA.

NASA mengatakan meskipun tipuan ini tidak fatal, tapi ini menjadi "sentilan" pentingnya melakukan pengecekan fakta dan penelitian. Mereka mengimbau untuk mengecek fakta-fakta melalui akun sosial resmi NASA dan NASA.gov untuk fakta-fakta terbaru.

Source: Twitter/NASA

"Fisika dasar berlaku setiap hari sepanjang tahun bukan hanya pada 10 Februari," tulis NASA di tweet yang diunggah berikut dengan video yang menampilkan astronaut Alvin Drew yang mempraktikkan challenge sapu berdiri itu.

Alvin Drew ditemani ilmuwan Sarah Nobel kala menjelaskan hal tersebut. "Apakah kamu melakukan Broom Challenge kemarin? Ya, kamu bisa melakukannya hari ini juga," ucap Nobel. Terakhir Drew menambahkan dengan kalimat singkat: "It's just physics".

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts