Birthday Spotlight: Happy Jaehyun Day
Selebriti

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Jaehyun NCT yang merayakan ulang tahunnya yang ke-23 (24 tahun menurut hitungan Korea) pada 14 Februari.

WowKeren - Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Jaehyun NCT yang merayakan ulang tahunnya yang ke-23 (24 tahun menurut hitungan Korea) pada 14 Februari. Ulang tahun kali ini menjadi ulang tahun keempat yang dirayakan pemilik nama asli Jung Yoon Oh itu sebagai idol.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Jaehyun diperkenalkan SM Entertainment sebagai member SMRookies pada 9 Desember 2013 di mana saat itu ia telah menjalani masa training selama lebih dari satu tahun. Di masa kanak-kanaknya, Jaehyun pernah tinggal di Connecticut, Amerika Serikat selama kurang lebih 4 tahun yang membuatnya fasih berbahasa Inggris.

Sebelum debutnya, Jaehyun sempat tampil di acara "EXO 90:2014" bersama beberapa member SMRookies lainnya dengan menampilkan sejumlah dance cover. Jaehyun juga sempat memandu acara musik "Show Champion" mulai 21 Januari sampai 1 Juli 2015 bersama Doyoung. Menjelang debutnya, Jaehyun bersekolah di SOPA (Seoul School of Performing Arts) dan lulus pada Februari 2016.

2. Debut


Debut

Jaehyun resmi debut sebagai member NCT U pada April 2016 di mana ia berpartisipasi dalam dua single, "The 7the Sense" dan "Without You". pada Juli 2016, Jaehyun kembali debut di sub-unit lainnya, kali ini NCT 127 dengan mini album pertama bertajuk "NCT #127". Mereka melanjutkan kegiatan promosi dengan mini album "Limitless" yang dirilis pada Januari 2017.

Debut NCT U dan NCT 127 cukup menarik perhatian, salah satunya karena konsep yang mereka usung dianggap tak lazim di mana ada grup induk dengan beberapa sub-unit sementara dan permanen. Jaehyun sendiri bisa dibilang merupakan salah satu member yang populer mengingat ia tak hanya berbekal wajah ganteng tapi juga kemampuan vokal dan dance yang mumpuni.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

NCT 127 meraih trofi kemenangan di acara musik untuk pertama kalinya pada 22 Juni 2017 di "M! Countdown" lewat lagu "Cherry Bomb". Untuk pertama kalinya, NCT 127 menjalani kegiatan promosi di Amerika Serikat serta pada masa promosi album "Regular - Iregular" yang dirilis pada Oktober 2018. Saat itu, mereka diundang untuk tampil di acara "Jimmy Kimmel Live!" serta ajang American Music Awards 2018".

Pada 2019, NCT 127 menjalani tur konser pertama mereka, "Neo City - The Origin" yang singgah di berbagai negara di seluruh dunia. Di tahun yang sama, mereka menandatangani kontrak dengan Capitol Music Group dan Caroline Distribution untuk kegiatan promosi NCT 127 di Amerika Serikat.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Jaehyun tampil di acara "Law of the Jungle in Fiji" serta "Family Discovery" edisi spesial Chuseok pada 2017. Di tahun berikutnya, ia menjadi bintang tamu di acara "Hello Counselor" dan "Happy Together" masing-masing bersama Doyoung dan Taeyong.

Selain "Show Champion", Jaehyun juga pernah beberapa kali memandu acara "M! Countdown" sebagai MC mingguan bersama Doyoung, Taeyong, Yuta serta Seulgi dan Wendy Red Velvet. Ia juga sempat menjadi MC special di acara "The Show" pada Desember 2018 dan Januari 2019. Kemudian mulai Oktober 2019 hingga sekarang, Jaehyun menjadi MC tetap acara "Inkigayo" bersama Minhyuk Monsta X dan Naeun April.

Jaehyun juga pernah memandu acara radio "NCT's Night Night!" bersama Johnny pada 2017-2019. Di bidang musik, ia pernah merilis single solo berjudul "Try Again" pada November 2017 di mana ia berkolaborasi dengan d.ear, juga menjadi model MV "The Little Match Girl" milik Baek A Yeon dan Wendy yang dirilis pada Desember 2017.

5. Kontroversi


Kontroversi

Jaehyun pernah menjadi sorotan pada 2017 saat ia masih memandu acara radio "NCT's Night Night!". saat itu, ia dan Johnny memutar lagu berjudul "Caroline" milik rapper Amerika Amine. Livestream menunjukkan momen saat Jaehyun (dengan mic dimatikan) ikut menyanyikan lagu tersebut termasuk kata "nigga" dalam liriknya. Seperti yang kita tahu, kata tersebut tabu diucapkan oleh orang non-kulit hitam.

Hal ini mendapat berbagai tanggapan baik dari netizen maupun fans. Sebagian dari mereka mengaku kecewa serta mengkritik Jaehyun karena mengucapkan kata tersebut, sementara yang lain berpendapat kalau tak ada salahnya sekedar menyanyikan lirik, apalagi mic-nya pun telah dimatikan.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Bersama NCT 127, Jaehyun akan menjalani aktivitas promosi full album kedua mereka yang bertajuk "NCT #127 NeoZone" yang akan dirilis 6 Maret mendatang, yang mana diyakini juga akan mencakup kegiatan-kegiatan di Amerika Serikat. Selain itu, ada rencana tur konser baru di 2020 ini.

Hingga Januari 2020, Jaehyun telah menghias halaman 3 majalah yaitu HIGH CUT, ELLE serta majalah Jepang Spur di mana ia menjalani pemotretan bersama Yuta. Belum diketahui apa kegiatan solo Jaehyun lainnya, namun besar kemungkinan ia tampil lagi di variety show atau merilis lagu solo di 2020.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait