Dituding Jadi Sumber Virus Corona, Laboratorium di Wuhan Angkat Bicara
EPA/YONHAP
Dunia

Sebuah fasilitas laboratorium biologi di Wuhan, Tiongkok dituding menjadi penyebab wabah virus Corona yang sampai sekarang masih menjadi 'momok' bagi masyarakat di berbagai penjuru dunia.

WowKeren - Wabah virus Corona sudah merebak hampir dua bulan lamanya namun "sepak terjangnya" tampak tak terbendung. Informasi terbaru bahkan menyebut sebanyak lebih dari 1.800 orang di berbagai penjuru dunia meninggal akibat terinfeksi virus tersebut.

Selain soal "lawan" yang sepadan untuk virus tersebut, perihal asal dari patogen mematikan itu pun ramai dibahas. Sebagai informasi, otoritas Tiongkok menyatakan virus Corona bermula dari Pasar Seafood Huanan di Wuhan, Provinsi Hubei yang memang menjual hewan-hewan liar.

Namun kesimpulan ini dibantah oleh sejumlah pihak. Apalagi karena pasien pertama yang terjangkit virus Corona dilaporkan tak pernah mengunjungi pasar tersebut, sebagaimana dikutip dari penelitian jurnal medis The Lancet pada 24 Januari 2020 lalu.

Fakta ini pun memunculkan dugaan bahwa virus berasal bukan berasal dari pasar seafood tersebut. Salah satu dugaan yang kemudian muncul adalah virus berasal dari sebuah lembaga penelitian yang berlokasi di Wuhan.


Dugaan ini kembali ramai dibicarakan pasca seseorang mengaku sebagai karyawan Institut Virologi Wuhan, laboratorium sains yang diduga bertanggung jawab atas penyebaran virus tersebut. Seorang karyawan bernama Huang Yanling mengaku menjadi pembawa virus Corona.

Pernyataan Huang ini pun langsung dibantah oleh pihak institut. "Baru-baru ini ada informasi palsu tentang Huang Yanling, lulusan dari institut kami, yang mengklaim bahwa dia adalah pembawa virus Corona (patient zero)," ujar perwakilan institut sembari menegaskan bahwa klaim tersebut tidak benar.

Lebih lanjut, Institut Virologi Wuhan membenarkan bahwa Huang merupakan seorang mahasiswi pascasarjana di lembaga tersebut pada 2015 lalu. Pasca lulus, Huang pun dikabarkan sudah meninggalkan Wuhan dan belum kembali hingga sekarang.

Namun institut memastikan Huang meninggalkan Wuhan dalam kondisi sehat dan tidak didiagnosis virus Corona. Di sisi lain, pihak berwenang pun hingga kini belum merilis identitas pasien pertama virus Corona ke publik. Sehingga pengakuan Huang tak bisa ditelan begitu saja.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait