Enggak Perlu Yang Berat, 7 Rekomendasi Olahraga Ini Cocok Buat Kalian Penderita Napas Pendek
Health

Napas pendek biasanya merupakan keluhan yang dimiliki oleh orang yang punya masalah dengan paru-parunya. Contohnya asma, emfisema, bronkitis kronis, kelainan otot dada, dan sebagainya.

WowKeren - Napas pendek biasanya merupakan keluhan yang dimiliki oleh orang yang punya masalah dengan paru-parunya. Contohnya asma, emfisema, bronkitis kronis, kelainan otot dada, dan sebagainya. Beberapa orang yang mengalami hal ini biasanya menghindari aktivitas fisik atau olahraga agar tidak semakin sesak.

Padahal, orang napas pendek juga bisa berolahraga loh. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh orang dengan napas pendek. Olahraga memiliki manfaat yang amat banyak bagi kesehatan. Meningkatkan daya tahan tubuh, membuat tubuh selalu fit dan bugar, dan memperpanjang usia adalah beberapa di antaranya.

Inilah mengapa kalian disarankan untuk rutin berolahraga termasuk yang menderita napas pendek. Penasaran apa saja olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita napas pendek? Berikut tim WowKeren rangkum 7 jenis olahraganya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Yoga Aman Untuk Kalian Yang Bernapas Pendek Karena Enggak Beraktivitas Berat


Yoga Aman Untuk Kalian Yang Bernapas Pendek Karena Enggak Beraktivitas Berat

Yoga adalah latihan yang tidak memerlukan banyak kapasitas jantung dan pembuluh darah. Yoga dapat dengan mudah disesuaikan dengan gerakannya agar sesuai dengan kapasitas pernapasan masing-masing. Peregangannya yang dinamis sangat bagus untuk bergerak tanpa menaikkan detak jantung.

Gerakan seperti ini sangat aman untuk menghindari terjadinya napas yang semakin pendek. Selain itu, yoga dapat membantu meningkatkan ketenangan dan juga mampu menghilangkan stres, yang semuanya bermanfaat bagi orang yang menderita asma. Melakukan latihan yoga secara rutin dapat memiliki efek kumulatif kesehatan dan ketenangan jiwa.

2. Bersepeda Santai Juga Aman Dilakukan Untuk Penderita Napas Pendek


Bersepeda Santai Juga Aman Dilakukan Untuk Penderita Napas Pendek

Olahraga satu ini memang sedang naik daun beberapa waktu belakangan. Banyak sekali pengendara sepeda yang memadati jalanan, terlebih ketika hari bebas kendaraan bermotor alias Car Free Day. Tak hanya mudah dilakukan, bersepeda juga tak memerlukan banyak alat.

Tak hanya untuk orang normal, kalian yang memiliki nafas pendek juga sangat disarankan untuk rutin bersepeda. Olahraga sepeda yang baik untuk nafas pendek adalah sepeda statis seperti yang kamu lihat di pusat kebugaran atau bahkan bersepeda santai di taman yang sejuk.

3. Angkat Beban Secara Rutin Mampu Melatih Pernapasan Kalian


Angkat Beban Secara Rutin Mampu Melatih Pernapasan Kalian

Tidak sembarang angkat beban, kalian tentu harus menyesuaikan berat bebannya dengan kemampuan. Mengangkat beban yang terlalu berat justru berbahaya bagi kamu yang bernafas pendek. Jadi jangan coba-coba langsung angkat yang berat ya.

Awali latihan kalian dengan mengisi dua botol air mineral seberat 600 ml, lalu secara bertahap tambah bebannya jika kalian merasa sudah lebih mampu mengontrol nafas ketika mengangkatnya. Selain itu, telah dibuktikan oleh ahli medis keolahragaan, bahwa dengan latihan gym bisa meringankan penyakit asma.

4. Patut Dicoba, Berenang Juga Tak Bakal Memberatkan Napas Kalian


Patut Dicoba, Berenang Juga Tak Bakal Memberatkan Napas Kalian

Penderita asma memiliki organ pernafasan yang bermasalah maka dari itu mereka bisa terserang penyakit asma. Melatih pernafasan dengan olahraga renang dapat membantu mengobati penyakit asma dan mengurangi frekuensi serangan asma. Berenang yang dilakukan secara teratur akan melatih kerja jantung dan paru-paru.

Setiap jenis gerakan dalam air, entah itu berenang atau melakukan senam di dalam air, adalah aktivitas yang baik untuk orang dengan napas pendek. Bahkan hanya berjalan di kolam renang sambil menggerakan lengan juga dapat membantu kalian membentuk tingkat kebugaran semakin tinggi lagi sehingga tidak mudah mengalami sesak napas.

5. Jika Ingin Olahraga Santai Namun Bermanfaat, Coba Saja Jalan Kaki


Jika Ingin Olahraga Santai Namun Bermanfaat, Coba Saja Jalan Kaki

Bagi kalian yang baru memulai latihan berolahraga, jalan kaki menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. Pasalnya, olahraga murah meriah ini bisa kamu lakukan di mana saja, mulai dari di lingkungan rumah, mengelilingi lapangan, bahkan hingga di dalam pusat perbelanjaan sembari melihat-lihat berbagai macam barang.

Lakukan setiap hari dengan durasi yang ditambah, baik waktu maupun jarak tempuhnya. Tak perlu terburu-buru, berjalan kakilah perlahan-lahan tetapi tetap konsisten. Dengan menyesuaikan pola pernapasan, lama-lama kalian membangun kapasitas bernapas yang lebih baik.

6. Terkesan Sepele, Namun Berjinjit Juga Bisa Menjadi Olahraga Alternatif


Terkesan Sepele, Namun Berjinjit Juga Bisa Menjadi Olahraga Alternatif

Berjinjit terkesan sangat sederhana dan mudah dilakukan. Meski begitu, kalau kalian rutin melakukannya, aktivitas ini dapat membuat kamu lebih kuat untuk berjalan jauh. Berjinjit yang bisa kamu coba adalah dengan berpegangan pada meja atau sandaran kursi.

Sembari berjinjit, kalian bisa menahan nafas selama beberapa detik. Kemudian, hembuskan nafas perlahan sembari kamu kembali ke posisi semula. Tahan selama beberapa detik lalu kembali ke posisi awal sambil mengembuskan napas. Ulangi sebanyak 10-15 kali.

7. Gerakan Tai Chi Yang Lembut Sangat Cocok Untuk Kalian Yang Bernapas Pendek


Gerakan Tai Chi Yang Lembut Sangat Cocok Untuk Kalian Yang Bernapas Pendek

Gerakan Tai Chi yang mengalir lembut namun bertenaga sambil mengatur napas sangat cocok untuk orang dengan COPD. Berlatih Tai chi dengan teratur akan membuat Anda bernapas lebih mudah, menguatkan otot, membantu Anda rileks dan menghilangkan kecemasan.

Bernapas dengan prinsip pernapasan tai chi tidak hanya akan menyehatkan paru-paru, tapi juga memungkinkan paru-paru untuk mengoptimalkan fungsinya, sehingga bisa mencapai kapasitas vitalnya dengan maksimal. Dengan demikian, akan semakin banyak oksigen yang dapat diikat oleh hemagolobin dalam darah, sehingga metabolisme dalam tubuhmu akan semakin lancar.

Intip juga yuk beberapa fungsi dan manfaat renang untuk kesehatan di sini. Simak juga cara mudah untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru