Warga Perumahan Batan Tangsel Ngaku Sudah Terbiasa Dengan Zat Radioaktif
Nasional

Warga Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, bernama Kusno mengaku sudah menduga bahwa zat radioaktif jenis Caesium-137 yang ditemukan di dekat rumahnya sudah lama berada di sana.

WowKeren - Temuan zat radioaktif di kawasan Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, mengejutkan banyak orang. Meski demikian, warga Perumahan Batan bernama Kusno mengaku tak khawatir dengan temuan zat radioaktif di dekat rumahnya tersebut.

Kusno mengaku sudah terbiasa dengan zat radioaktif. "Ah, saya udah biasa hadapi kayak gini. Kan, saya kerjanya di nuklir," jelas Kusno dilansir CNN Indonesia pada Rabu (19/2).

Kusno yang merupakan pegawai pensiunan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) tersebut telah menjalani whole body counting (WBC) alias proses pemeriksaan menyusul temuan zat radioaktif itu. Selain Kusno, ada 8 warga lainnya yang juga menjalani WBC.

WBC tersebut dilakukan oleh Batan pada Senin (17/2) lalu. Hal ini demi memastikan nilai paparan yang diterima warga akibat adanya zat radioaktif di perumahan tersebut. "Hasilnya negatif terhadap radiasi," ungkapnya.


BATAN sendiri belum mengeluarkan hasil WBC secara resmi. Namun, Kusno memastikan bahwa tak ada paparan di atas ambang normal dalam tubuhnya. Ia dapat memastikan hal tersebut karena telah biasa menerima paparan zat radioaktif selama bekerja di BATAN.

Lebih lanjut, Kusno menganggap ganjal temuan zat radioaktif di dekat rumahnya tersebut. Ia juga menduga bahwa zat radioaktif jenis Caesium-137 yang biasa digunakan untuk industri tersebut sudah berada di lahan kosong perumahan Batan sejak lama.

"Kalau melihat itu sudah lama, kalau melihat sekitarnya," tutur Kusno. "Kemungkinan bisa (10 tahun)."

Meski demikian, Kusno menegaskan bahwa zat tersebut seharusnya tak berada di sembarang tempat, khususnya pemukiman warga. Kusno juga menambahkan bahwa unsur Caesium-137 tersebut memiliki masa kadar radiasi hingga 30 tahun.

"Radiasinya menyebar ke sekitarnya, tapi lama-lama menghilang sendiri," pungkas Kusno. Pria berusia 64 tahun tersebut juga berharap agar temuan ini dapat ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait