Desak Xi Jinping Mundur Karena Tak Bisa Tangani Corona, Seorang Aktivis HAM Ditangkap
Dunia

Seorang aktivis HAM terkemuka ditangkap oleh Otoritas Tiongkok karena mendesak Presiden Xi Jinping untuk mundur dari jabatannya. Desakan tersebut muncul lantaran sang presiden dinilai tidak kompeten dalam menyelesaikan masalah corona.

WowKeren - Presiden Tiongkok Xi Jinping didesak untuk mundur dari jabatannya lantaran dinilai tak mampu menyelesaikan persoalan virus corona yang telah memakan ribuan korban jiwa. Desakan tersebut disampaikan oleh seorang aktivitis HAM terkemuka.

Kekinian, Otoritas Tiongkok mengaku telah menangkap aktivis tersebut bernama Xu Zhiyong. Dilansir Reuters, Rabu (19/2), kabar penangkapan tersebut diungkapkan oleh kedua rekan Xu Zhiyong yang merupakan sesama aktivis HAM.

Hua Ze (nama rekan pelaku), mengatakan jika Xu diburu sejak Desember tahun lalu, setelah menghadiri acara di kota Xiamen yang fokus membahas HAM di Tiongkok. Empat orang lainnya yang menghadiri acara itu telah ditangkap terlebih dahulu oleh otoritas Tiongkok.


Xu sendiri ditangkap oleh polisi Beijing dengan bantuan polisi Guangzhou pada Sabtu (15/2) malam waktu setempat. Namun, hingga kini belum ada tanggapan dari Kepolisian Beijing dan Kepolisian Guangzhou terkait kabar penangkapan Xu ini.

Diketahui, beberapa pekan terakhir, Xu menulis banyak artikel yang mengkritik cara pemerintah China menangani wabah virus corona. Dalam artikel yang dirilis online pada 4 Februari lalu, Xu menyerukan agar Presiden Xi mengundurkan diri.

Dalam artikel tersebut, Xu membahas soal cara Xi menangani berbagai krisis, mulai dari unjuk rasa antipemerintah di Hong Kong hingga wabah virus corona yang muncul dari kota Wuhan. Artikel itu diposting di sebuah situs milik Gerakan Baru Warga yang diblokir di China.

Sebelumnya, Xi Jinping sendiri sempat menjadi sorotan warga Tiongkok lantaran sempat menghilang di tengah wabah corona. Padahal pada akhir bulan Januari 2020, ia sempat muncul dan memberikan pidato terkait upaya penanganan virus corona.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait