'Parasite' Borong 4 Piala Bergengsi di Oscar 2020, Presiden AS Donald Trump Beri Komentar Rasis
Film
Oscar 2020

Kemenangan 'Parasite' di ajang penghargaan bergengsi Oscar 2020 menuai komentar rasis dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Ingin tahu seperti apa perkataan lengkap Trump?

WowKeren - Sejak dirilis di bioskop pada tahun 2019 lalu, "Parasite" telah mengalami kesuksesan yang luar biasa. Selain laris manis di pasaran, film arahan Sutradara Bong Joon Ho ini juga sukses menyabet berbagai penghargaan bergengsi.

Di antara yang paling membanggakan adalah kemenangannya di ajang Academy Awards atau Oscar ke-92 yang digelar beberapa waktu lalu. Film yang dibintangi oleh Choi Woo Shik cs ini sukses membawa pulang empat piala untuk kategori Best Original Screenplay, Best International Feature Film, Best Director hingga penghargaan Best Picture.

Namun siapa sangka jika kemenangan "Parasite" justru ditanggapi dengan sinis oleh beberapa pihak. Jika sebelumnya reporter TV Amerika bernama Jon Miller yang memberikan komentar rasis untuk kemenangan "Parasite", kini giliran Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Saat melakukan kampanye untuk pencalonan presiden periode kedua di Colorado Springs, Colorado pada Kamis (20/2) waktu setempat, Donald Trump secara terang-terangan menghina "Parasite". Di hadapan pendukungnya, ia bertanya keheranan kenapa film asing bisa memenangkan kategori sebagai film terbaik di ajang bergengsi tersebut.


"Ngomong-ngomong, seberapa buruk Academy Awards tahun ini? Kalian lihat? Dan pemenangnya adalah film dari Korea Selatan, apa-apaan itu?" tanya Donald Trump pada pendukungnya.

Twitter

"Kita sudah cukup punya masalah dengan Korea Selatan, dengan perdagangan. Di atas itu semua, mereka memberikan kepada mereka kategori film terbaik tahun ini. Apakah film itu bagus? Aku tidak tahu," ujarnya kemudian.

"Kalian tahu, aku mencari-cari, mari kita buat 'Gone With the Wind'. Bisakah kita membuat seperti 'Gone With the Wind' kembali, tolong? 'Sunset Boulevard', ada banyak film bagus dan pemenangnya adalah dari Korea Selatan. Aku pikir itu yang terbaik, film asing ya? Film asing terbaik. Tidak, apakah itu pernah terjadi sebelumnya?" ujarnya kemudian.

Tak pelak, aksi Trump ini pun menuai banyak sekali kritikan karena ada banyak pihak yang menganggap jika "Parasite" memang layak mendapat penghargaan tersebut. Banyak orang yang menyambut meriah kemenangannya, karena sekaligus menjadi film berbahasa asing pertama yang berhasil menyabet piala kategori tertinggi di ajang Oscar, yakni Film Terbaik. Karena dianggap membanggakan negara, Presiden Korea Moon Jae In bahkan mengundang para pemain dan staf "Parasite" ke Blue House pada Kamis (20/2) untuk makan-makan.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts