Ussy Sulistyawati Sempat Pingsan Hingga Kejang Saat Hamil, Dokter Bilang Begini
Instagram
Selebriti

Hamil anak ke-4, Ussy Sulistiawaty alami kondisi yang cukup mengkhawatirkan karena sempat pingsan dua kali berturut-turut. Hal itu disebabkan darah rendah.

WowKeren - Hamil anak ke-4, kondisi Ussy Sulistiawaty cukup mengkhawatirkan karena sempat pingsan dua kali berturut-turut kemudian disusul dengan kejang kaku pada seluruh tubuhnya. Hal ini diyakini Andhika Pratama karena tekanan darah Ussy yang rendah. Selain itu, ternyata Ussy juga memiliki riwayat penyakit Thalasemia. Di mana penyakit Thalasemia ini akan membuat penderitanya kekurangan darah atau anemia.

"Mau ngecek kondisi Ussy dua hari berturut-turut tuh dia pas malem tanpa alasan yang jelas pingsan. Pingsan, sadar, pingsan lagi dan yang kedua tuh agak lumayan menyeramkan karena badannya kejang kaku gitu," cerita Andhika dalam vlog YouTube-nya. "Semoga sih cuman darah rendah doang ya. Kata dokter Bram sih nggak papa," sahut Ussy.


Andhika sempat dibuat panik saat Ussy pingsan di kamar mereka. Ia pun segera meminta bantuan kepada orang-orang yang berada di lantai bawah. "Tiba-tiba jatuhin makanan, aku shock kan. Waduh pingsan lagi. Gimana nih? Mana sendirian di kamar kan gotong dia lumayan buat naikin ke tempat tidur. Langsung nelfonin orang-orang di bawah," kata Andhika.

Melihat kondisi sang istri yang mengkhawatirkan, Andhika pun langsung membawa Ussy ke rumah sakit untuk mengecek kandungannya. Sampai di rumah sakit, Ussy dan Andhika segera menemui dokter Bram yang biasa memeriksa kandungannya.

Dokter mengatakan jika tensi darah pada ibu hamil memang biasa drop. Hal ini disebabkan oleh hormon kehamilan. "Orang hamil kan begitu tensinya. Karena hormon kehamilan membuat pembuluh darah lebih elastis. Jadi terkadang tekanan darahnya turun. Apalagi, kalau Ussy makannya kurang," ujar Bram, dokter kandungan yang menangani Ussy Sulistiawaty.

Tak puas dengan jawaban sang dokter, Andhika pun menjelaskan bahwa istrinya sempat pingsan dua kali. Pada kejadian yang kedua, Ussy sempat mengalami kejang-kejang. "Sampai kaku begitu," kata bapak empat anak itu.

Mendengar penjelasan tersebut, sang dokter menyarankan Ussy untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter saraf. Pasalnya, selama 20 tahun lebih menjalani praktik, sang dokter tak pernah menemukan kasus seperti yang dialami Ussy.

"Kalau kejadiannya sampai kejang ya hati-hati. Bisa epilepsi atau apa. Umumnya, si ibu cuma blackout (pingsan), terus ya bisa sadar lagi. Setelahnya, dia akan lemas tapi sadar dengan kondisi sekitar," ungkap sang dokter.

Ussy pun sempat menyebutkan jika ia memang memiliki penyakit Thalasemia. "Tapi kan aku Thalasemia, memang dari dulu aku suka pingsan," kata Ussy.

Sang dokter mengaku bahwa dirinya tak bisa bertindak lebih jauh untuk dapat mengetahui apa penyebab pingsan dan kejang yang dialami Ussy. Pasalnya, pada usia kandungan 10 minggu, ia tak dianjurkan melakukan CT Scan pada pasien.

"Kalau ragu, lebih baik ke dokter saraf saja nanti. Kalau penyakit jantung sih enggak. Kalau ada kejang, memang harus dicari penyebabnya. Karena kondisinya sedang hamil, saya nggak bisa melakukan CT Scan. Kalau MRI bisa sih," tuturnya.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts